Ini Film yang Bisa Dekatkan Orangtua dan Anak

Pete Docter (kiri) dan Astrada Ronnie del Carmen di Jakarta (05/08/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Umumnya, film anak-anak hanya ditujukkan bagi anak-anak dan sebaliknya, film dewasa hanya ditujukan bagi orang dewasa. Namun tidak demikian dengan film animasi yang satu ini. Film keluaran Disney-Pixar terbaru ini punya pesan moral kuat, yang diklaim bisa mendekatkan orangtua dan anak.

Berjudul Inside Out, Disney dan Pixar ingin menelaah kembali hubungan orang tua dan anak yang justru semakin renggang di era modern.

Sutradara Inside Out, Pete Docter bersama rekannya, Ronnie del Carmen, menjadi perwakilan guna mempromosikan pesan moral tersebut ke beberapa negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Indonesia dan Filipina.

Dikemas dalam tema komedi petualangan, Inside Out bercerita tentang gadis kecil berusia 11 tahun bernama Riley yang mengalami perubahan hebat dalam hidupnya, saat dia dan keluarganya harus pindah ke San Francisco.

Namun, Docter menceritakan tentang perubahan dan perasaan Riley tentang perubahan tersebut, dengan cara yang berbeda. Riley diceritakan lewat karakter-karakter yang dia rasakan, seperti Joy, si karakter yang bahagia dan Sadness, sisi Riley yang sedih dan tertekan. Selain itu, ada juga sisi Riley yang lain seperti Anger, si Riley yang pemarah; Fear, rasa takut dalam diri Riley; serta Disgust, sisi Riley yang merasa muak dengan kehidupan.

Dari karakter-karakter itulah diceritakan dinamika hubungan Riley dengan orang tuanya. Pasalnya, Docter juga tidak ketinggalan mengangkat sudut pandang orang tua untuk dapat memahami keinginan dan perubahan sang buah hati. Sehingga, anak bukanlah menjadi sosok seperti robot yang hanya dapat mengikuti seluruh keinginan orang tua.

"Kami melakukan banyak riset, berdiskusi dengan para ahli dan juga ilmuwan. Sehingga kami dapat menulis cerita ini dan bisa memastikan secara akurat," ungkap del Carmen, Rabu, 5 Agustus 2015 di Grand Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

BJ Habibie Jadi Pengisi Suara di Serial Animasi

Docter dan del Carmen berharap Inside Out bisa memberikan edukasi pada orang tua untuk dapat melihat perkembangan sang anak.

Inside Out akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2015. Sementara di Amerika Serikat, fim animasi ini dirilis satu bulan sebelumnya, tanggal 19 Juni lalu, dengan pendapatan fenomenal sebesar US$92 juta atau setara dengan ‎Rp1,3 triliun.‎

BoBoiBoy The Movie

Serunya Petualangan Film Animasi BoBoiBoy

"Kami yakin penggemar cilik di Indonesia menanti film ini."

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016