Konsumsi Ayam Tingkatkan Kesuburan Pria?

Ilustrasi ayam goreng
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ungkap Kesuburan Anda Lewat jari Tangan
- Mengonsumsi daging unggas seperti ayam, bebek dan itik ternyata dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan di Massachusetts General Hospital.

Makanan Peningkat Kesuburan Pria dan Wanita
Dilansir dari Food World News, studi yang telah dipublikasikan di jurnal Fertility and Sterility pada awal Agustus 2015 itu menunjukkan bahwa konsumsi unggas secara positif berhubungan dengan kesuburan.

Kesuburan Pria Turun, Ini Penyebabnya
Dalam studi, peneliti mengumpulkan data dari tahun 2007 hingga 2014 mengenai hubungan antara konsumsi daging dan hasil klinis pasangan yang menjalani pengobatan infertilitas.

Baca juga: 

Studi itu juga melibatkan sebanyak 141 pria dan pasangan wanita mereka yang menjalani perawatan IVF 246. Para pria diminta untuk mengisi kuesioner mengenai pola makan dan diet sehari-hari mereka untuk memperkirakan total konsumsi daging yang mereka konsumsi.

Hasil menunjukkan bahwa daging unggas lebih mampu meningkatkan kesuburan pria dibandingkan daging olahan.

"Asupan unggas positif berkaitan dengan tingkat kesuburan, sedangkan konsumsi daging olahan berhubungan negatif dengan tigkat kesuburan pada pasangan yang menjalani IVF konvensional," menurut jurnal yang memuat laporan studi.

Hasil studi mengungkapkan bahwa pria yang banyak atau rutin mengonsumsi daging unggas memiliki peningkatan kesuburan sebesar 54 persen, sedangkan mereka yang paling sedikit mengonsumsi daging olahan mengalami peningkatan kesuburan sebesar 82 persen.

Meski begitu, peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi daging olahan sebenarnya relatif baik-baik saja untuk pria yang menggunakan injeksi sprema intracytoplasmic. Namun, bagi mereka yang menjalani siklus IVF, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi produk daging olahan karena buruk bagi peningkatkan kesuburan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya