Cegah Kanker dengan Biji Alpukat

Buah Alpukat
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Alpukat, sudah dikenal sebagai sumber nutrisi lengkap bagi tubuh, khususnya kandungan lemak baiknya. 

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Namun, selain buahnya, biji alpukat, juga memiliki khasiat baik bagi kesehatan. 

Apa saja? Simak ulasannya, menurut laman Boldsky. 

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam alpukat, ternyata banyak terdapat di bagian bijinya. Kandungan ini bisa membersihkan tubuh dari zat berbahaya dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan flavonolnya, juga bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. 

Empat Hal Pemicu Infeksi Jamur di Area Kewanitaan

Anti radang

Kandungan baik yang terkandung dalam biji alpukat, juga bisa menjadi senjata anti radang, khususnya pada organ cerna Anda. Khasiatnya dapat mengurangi tingkat peradangan yang bisa berujung pada gangguan pencernaan seperti maag, dan diare. 

Menyehatkan tulang dan sendi

Selain baik untuk organ dalam tubuh, khasiat biji alpukat juga baik digunakan untuk menjaga kekokohan tulang dan kesehatan persendian. Haluskan biji menjadi bubuk, dan konsumsi secara rutin agar kesehatan tulang dan sendi terlindungi.

Anti jamur

Beberapa penelitian terkini berhasil membuktikan khasiat dari biji alpukat, yang bisa menjadi anti jamur dan bakteri. Hal ini karena biji alpukat terbukti mengandung senyawa  fenolik, yang bisa melawan jamur dan mikroba jahat di dalam tubuh, Anda bisa menyajikannya dengan cara menghaluskannya menjadi bubuk, atau mencampurkannya dalam jus alpukat yang Anda buat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya