4 Cara Efektif Melindungi Kulit

VIVAnews - Jika saat keluar rumah Anda selalu menggunakan pelindung kulit dari sengatan matahari, hal itu sudah benar. Tetapi ada hal lain yang juga harus Anda ketahui untuk melindungi kulit Anda. Bukan hanya kulit wajah yang harus dilindungi tetapi juga seluruh bagian kulit termasuk kulit kepala.

Jangan pernah lupa untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Karena, bisa berefek pada penampilan yang kusam dan yang lebih berbahaya lagi serangan kanker kulit. Berikut empat cara yang bisa Anda ikuti untuk melindungi kulit secara efektif.

1. Hati-hati duduk dekat jendela

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Jika Anda suka menyetir atau memiliki kebiasaan duduk di dekat jendela saat berada di mobil, sebaiknya hati-hati. Karena, pelapis kaca mobil Anda tidak efektif menangkal sinar matahari. Sengatan matahari bisa menembus pelapis kaca mobil Anda. Banyak penderita kanker kulit, terkena di bagian leher dan wajah, salah satu penyebabnya adalah tidak menggunakan pelindung kulit saat menyetir.

Menurut Howard Fein, ahli kulit dari Palos Verdes, California, Amerika Serikat, meskipun hanya menyetir dan berada dalam mobil selalu gunakan pelindung kulit. Terutama untuk orang-orang yang bepergian jarak jauh. Penggunaan kacamata hitam bingkai lebar bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi kulit, dan jangan lupa untuk membawa krim SPF kemana pun Anda pergi.

2. Pilih pelembab bibir yang tepat

Hat-hati dalam memilih pelembab bibir terutama yang memberi kesan glossy. Karena, menurut penelitian Baylor University Medical Center di Dallas, Amerika Serikat  pelembab bibir glossy biasanya tidak mengandung SPF (sun protection formula). Hal itu bisa meningkatkan resiko terserapnya sinar matahari yang bisa menimbulkan kerusakan pada kulit. Jadi pilihlah pelembab bibir yang juga mengandung SPF.

3. Lindungi kulit kepala

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester United vs Sheffield United

Semua tipe kanker kulit bisa tumbuh melalui ketombe di kulit kepala. “Sel kanker kulit bisa sangat agresif di ketombe, karena suplai darah di kepala sangat tinggi," kata Fein. Jadi selalu lindungi kulit kepala Anda saat keluar ruangan terutama siang hari. Anda bisa menggunakan topi atau payung. Pastikan kulit kepala Anda selalu sehat dan jika tumbuh ketombe langsung segera obati.

4. Selalu gunakan SPF

Payung besar, topi, kacamata hitam tidaklah cukup untuk melindungi kulit. Karena sinar matahari masih bisa menembud benda-benda tersebut. Jadi meskipun sudah menggunakan benda-benda itu tetaplah gunakan krim yang mengandung SPF.

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman
Jalan Juanda di Kota Depok.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Kota Depok memiliki DPT terbesar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024