Duduk Bersila Pasca Melahirkan Timbulkan Varises?

Banyak mitos beredar seputar kehamilan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Mitos seputar kehamilan dan pasca melahirkan seringkali menjadi hal yang menakutkan. Salah satunya, wanita dilarang setelah menjalani proses persalinan.

Banyak yang meyakini, duduk bersila pasca menjalani proses persalinan bisa menyebabkan . Benarkah demikian?

Faktanya, risiko terkena varises memang berhubungan dengan kehamilan. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Nina Amelia Gunawan, dari Meetdoctor.

Teknologi Terkini Obati Varises dengan Laser

"Varises pada dasarnya adalah pelebaran pembuluh darah yang bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti faktor genetik, obesitas, dan kehamilan," ujarnya.

Kebiasaan berdiri terlalu lama dan duduk bersila setelah berolahraga, maupun pasca melahirkan, juga bisa juga memicu hal ini, karena tekanan darah yang masih tinggi.

"Varises dapat terjadi karena adanya penekanan pada salah satu aliran vena, ketika sirkulasi darah dalam tubuh sedang meningkat. Jika Anda duduk bersila, maka gejala varises bisa saja terjadi, namun jika dalam keadaan normal ketika melakukan kegiatan sehari-hari, duduk bersila tidak akan menimbulkan varises," ujar Nina.

Untuk itu Nina menyarankan untuk meluruskan dan meregangkan kaki, selepas melakukan aktivitas yang memicu aliran darah meningkat. "Istirahatkan tubuh Anda setelah beraktivitas, hingga aliran darah dalam tubuh kembali seimbang dan tetap lancar."

Risiko lain yang terjadi setelah melahirkan adalah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan kaki bengkak, namun bisa kembali hilang dalam beberapa hari kemudian.

Varises.

Resep Ajaib Atasi Varises dengan Dua Bahan Alami

Wanita lebih rentan terhadap varises dan trombosis.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015