Psikiater: Penderita Bipolar punya Aktivitas Seks Tinggi

ilustrasi bipolar
Sumber :
  • istock
VIVA.co.id
Kenali Ciri-ciri Spesifik Gangguan Bipolar
- adalah salah satu gangguan mental yang memberi dampak buruk pada penderita, hingga dapat menyebabkan kematian. Beberapa dampak tersebut, adalah perubahan suasana hati yang tak menentu, rasa senang berlebihan, hingga peningkatan libido.

Ini Saran Bagi Penderita Bipolar yang Sudah Berkeluarga

Baca juga:
Mengenal Ciri-ciri Orang dengan Bipolar Disorder


Bicara tentang salah satu gangguan Bipolar, yakni meningkatnya jumlah libido. Fakta menarik yang terungkap, penderita bipolar cenderung sangat aktif secara seksual. Mereka juga lekat dengan skandal perselingkuhan dan hal lain yang berhubungan dengan aktivitas seksual. Hal ini dinyatakan dr. Natalia Widiasih, SpKJ (K), MPd.Ked, seorang psikiater dari FKUI-RSCM.


"Angka perselingkuhan dan skandal seksual pada penderita gangguan bipolar cukup tinggi. Ini berkait dengan peningkatan libido yang terjadi pada mereka," ujarnya, ditemui dalam acara Seminar Media "Kenali dan Pahami Pahami Peningkatan Libido pada Penderita Gangguan Bipolar" di Jakarta, Rabu, 19 Agustus 2015.


Kecenderungan terjadinya perselingkuhan pada penderita gangguan bipolar, dapat diketahui melalui beberapa perubahan. "Seperti perubahan penampilan dan suasana hati yang cenderung lebih cerah dan senang, perubahan gaya bicara, dan cara berdandan, " ujarnya.


Dari contoh kasus yang terjadi, baik single maupun yang sudah berumah tangga, kecenderungan memiliki aktivitas seksual yang sangat tinggi memang banyak ditemukan. "Hal inilah yang apabila tidak segera diambil tindakan, dapat menyebabkan kehancuran rumah tangga," lanjut dia.


Untuk itu, bila sudah terjadi gejala dan perubahan seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya segera temui psikiater agar segera dapat ditangani. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya