Musisi Papan Atas Meriahkan Karnaval Khatulistiwa

Olga Lydia
Sumber :
  • VIVA/ Shalli

VIVA.co.id - Sejumlah artis dan musisi akan berpartisipasi dalam acara Karnaval Khatulistiwa pada 22 Agustus 2015 mendatang, di Pontianak, Kalimantan Barat.

Musisi papan atas itu di antaranya Slank, Marcello Tahitoe alias Ello, Saykoji dan Di Atas Rata-rata. Mereka akan tampil pada salah satu bagian dari rangkaian kegiatan karnaval yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke - 70 RI.

Olga Lydia Doakan Aurel Lulus Ujian Nasional Paket C

Abdee Negara, Olga Lydia dan Igor 'Saykoji' bertatap wajah dengan teman-teman media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketiga artis itu menjelaskan keterlibatan mereka dalam acara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di titik ekuator dan menampilkan kekayaan khazanah budaya nusantara.

"Yang paling penting membangkitkan optimisme, keanekaragamnan enggak hanya budaya tapi juga teknologi, ini kebanggaan Indonesia sebagai negara maju, yang paling penting kita bekerja keras dengan gembira, semua pekerjaan bisa lebih baik," kata Olga Lydia di Jakarta, Kamis, 20 Agustus 2015.

Olga Lydia Lirik Ilmu Filsafat

Acara ini juga akan melibatkan banyak satuan keamanan nasional seperti Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU) dan Kepolisian. "Ini merupakan puncak kemerdekaan, acara yang sangat besar, benar-benar bersemangat. AD, AU, AL dan polisi ngirim marching band," ujarnya menambahkan.

Karnaval Khatulistiwa ini akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan dihadiri sejumlah menteri. Acara ini akan menampilkan kekayaaan budaya Indonesia sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim. Peserta karnaval bukan hanya berasal dari Kalimantan Barat, tapi juga provinsi-provinsi lain di Indonesia. Peserta dari berbagai daerah tersebut akan menampilkan pakaian adat dan kesenian daerahnya masing-masing.

Para musisi akan tampil pada acara Panggung Hiburan Rakyat yang merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Karnaval Khatulistiwa, yang akan digelar mulai pukul 19.00 WITA.

Pada acara ini turut disuguhkan pertunjukan seni daerah dan artis lokal, di antaranya Fery Sape dkk. Berkat kepiawaiannya memainkan sape (alat musik khas Kalimantan Barat), Ferry tampil pada pertunjukan di berbagai negara. Acara ini akan dipandu Muhammad Farhan, Olga Lydia, dan Putri Patricia.

Karnaval darat akan dibuka Gubernur Kalimantan Barat dengan menampilkan arak-arakan kendaraan hias dan pejalan kaki yang menggunakan kostum adat Dayak dan Melayu. Karnaval juga melibatkan sekitar 500 penari Dayak dan 50 kelompok seni Kalimantan Barat.

Usai karnaval darat, kegiatan dilanjutkan dengan karnaval air menyusuri sungai Kapuas Besar dan Kapuas Kecil menggunakan sampan atau perahu tradisional yang dihias.

Bukan Merek, Ini Prioritas Olga Lydia Pilih Tas

Sebanyak 1.500 perahu hias dari 18 provinsi termasuk Kalimantan Barat akan berpartisipasi dalam karnaval air ini. Konvoi perahu hias akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo dengan menyalakan meriam karbit dari anjungan depan Masjid Sultan Abdurrahman, masjid bersejarah yang dibangun pada tahun 1771. Rencananya akan ada 70 ledakan meriam karbit sebagai penanda dimulainya karnaval.

(mus)

Olga Lydia

Tak Muluk-muluk, Olga Lydia Cari Pasangan yang Biasa

"Kalau dia kepintaran, saya bengong dan bingung."

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016