Enam Fakta Menarik Permen Beruang Gummy Bears

Permen gummy bears
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sambut Halloween, Toko Permen Ini Jual 'Organ Tubuh'
- Siapa tak suka gummy bears? Permen berbasis gelatin yang lengket, kenyal dan berbentuk hewan beruang ini telah menjadi salah satu camilan populer di dunia. Bahkan kini gummy bears tersedia dalam berbagai varian rasa dan warna.

Mengenal Matcha Chocomory, Cokelat Dicampur Teh Hijau Jepang
Namun, seakrab apapun Anda dengan camilan manis ini, mungkin sejak masih duduk di bangku sekolah, Anda pasti tidak tahu beberapa hal mengenai gummy bears.

Toko Permen Tertua di Dunia Ternyata Berada di Inggris
Oleh karena itu, simak beberapa faktanya seperti yang dilansir dari Daily Meal berikut ini.

1. Nama 'gummy' diambil dari nama bahan pengental yang digunakan untuk membuat permen gummy bears. Gummy dibuat dari getah pohon akasia. 

2. Seluruh produk gummy yang tersedia di pasaran dengan berbagai bentuk berbeda mulai dari bentuk cacing, katak, buah ceri, hiu dan bahkan hamburger terinspirasi dari kesuksesan gummy bears.

3. Untuk memroduksi gummy bears, bentuk hewan beruang tersebut didesain terlebih dahulu oleh seniman khusus dan diduplikasi di dalam pinggan berisi pati jagung yang disebut mogul pati. Cairan panas kemudian dituangkan ke dalam cetakan.

4. Bukan rahasia bahwa bahan baku gelatin yang paling umum adalah hewan babi. Namun, di berbagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, gummy bears dibuat menggunakan pati atau pectin sehingga menjadi produk halal dan cocok untuk kaum vegetarian dan vegan.

5. Dewasa ini, gummy bears juga muncul dalam bentuk multivitamin yang beberapa diantaranya mengandung vitamin C dan gula kayu atau xylitol, yang mampu mencegah gigi berlubang.

6. Di Inggris, kepopuleran gummy bears kalah dengan jelly babies. Permen ini hampir menyerupai gummy bears, namun memiliki konsistensi yang lebih padat dan lebih kenyal. Bentuknya juga seperti bayi mungil. Permen ini telah diproduksi di Inggris sejak tahun 1850-an, tetapi baru dinamakan jelly babies pada tahun 1953. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya