Diet Terbaik Setelah Melahirkan

Tanya:
Tiga bulan yang lalu, saya baru saja melahirkan anak kedua. Saat ini saya sedang berusaha melangsingkan tubuh, namun tanpa mempengaruhi produksi ASI. Apakah aman jika saya menggunakan krim dan jamu pelangsing atau kaplet susut perut?

hxxx@yahoo.com

Jawab:

Meski belum ada penelitian mengenai efek samping bahaya dari obat-obatan pelangsing yang Anda sebutkan tadi, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi produk tersebut. Takutnya, tidak hanya membahayakan kesehatan Anda, tapi juga dapat mengancam kesehatan bayi mungil Anda.

Cara terbaik untuk melangsingkan tubuh adalah tetap dengan cara mengurangi asupan kalori, dengan jalan mengurangi porsi makan dan meningkatkan aktivitas. Selama menyusui, sebenarnya energi ekstra yang Anda keluarkan tidak terlalu besar, yaitu sekitar 500 kalori. Energi sebesar itu bisa diperoleh dengan cara menambah 200 gram nasi dan sebutir telur rebus dari kebutuhan sehari-hari Anda sebelum hamil.

Langkah terbaik yang dapat Anda lakukan, mulailah berolahraga dan kurangi camilan. Minum air yang cukup (delapan gelas per hari), tanpa ditambah gula. Anda bisa meminum susu nonfat yang ditambah gula sekadarnya saja.

Anda juga bisa menyantap menu sehari-hari seperti biasa, dengan memakan sayur terlebih dahulu, baru kemudian nasi dan lauk-pauknya. Setiap makan, cukup ambil dua atau tiga potong lauk (dengan total berat sekitar 100 gram). Nasi harus tetap dimakan, namun porsinya disamakan dengan kebutuhan seperti pada saat sebelum hamil.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024