Wisata Unik, Menyambangi Kaktus Kipas Raksasa

Kaktus Kipas Raksasa
Sumber :
  • Flickr/Alan English

VIVA.co.id - Kaktus merupakan tanaman yang dapat hidup cukup lama tanpa air. Biasanya tanaman berduri ini banyak ditemukan di daerah kering, seperti gurun.

Ketika Mal Tua Disulap Jadi Apartemen Mungil

Bagi Anda pecinta kaktus, menemukan tumbuhan hijau dan berduri dengan ukuran besar memang sulit ditemukan di Indonesia. Anda bisa terbang Arizona, Amerika Serikat, untuk melihat kaktus raksasa.

Di sana terdapat Kaktus Saguaro berukuran raksasa yang menjadi simbol universal dari Amerika bagian barat. Tanaman ini asli daerah dari selatan Arizona.

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Seperti dilansir dari Amusing Planet, Kaktus Saguaro memiliki bentuk tinggi, duri tebal, bergalur, dan batangnya besar-besar.

Uniknya, kaktus-kaktus raksasa tersebut menghasilkan bentuk tubuh melebar seperti kipas. Ini karena pertumbuhan yang tidak terkendali di bagian ujungnya.

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara

Pertumbuhan ini aneh yang disebut sebagai cresting atau cristate dan kejadian yang sangat langka. Diperkirakan kondisi ini mempengaruhi sekitar satu dari setiap 200.000 kaktus.

Beberapa ahli berspekulasi bahwa cresting itu terjadi karena mutasi genetik yang disebabkan oleh mikroorganisme, atau kerusakan fisik seperti sambaran petir atau pembekuan.

Ada banyak lokasi di Saguaro National Park di mana Anda dapat melihat spesimen unik ini. Setidaknya ada 27 jambul saguaro yang pernah didokumentasikan di sisi timur dan 30 lainnya di wilayah barat taman nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya