Lupakan Kopi, Video Kucing Lebih Ampuh Lawan Kantuk

Kucing
Sumber :
  • walike.com

VIVA.co.id - Kembali bekerja usai jam makan siang merupakan waktu yang terberat. Alasan utamanya karena rasa kantuk yang membuat mata dan tubuh berat. Keinginan untuk sekejap terlelap pun tak tertahan.

Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini

Umumnya, kopi jadi senjata ampuh melawan kantuk. 

Tapi, sebuah riset yang dilakukan American Chemical Society membuktikan ada hal lain yang bisa membuat otak lebih segar tanpa harus mengasup kafein. 

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Apakah itu? Jawabannya menonton video kucing-kucing lucu. 

Dilansir Daily Mail, menonton video kucing lucu atau mendengarkan musik yang membangkitkan semangat, justru membuat otak dan tubuh lebih segar ketimbang minum kopi. 

Rayakan World Cat Day dengan Mengadopsi Kucing

Tingkah polah kucing yang lucu, akan meningkatkan level oksitosin atau hormon bahagia di otak dan sekaligus menurunkan tingkat hormon stres atau kortisol. Tingginya oksitosin membuat Anda lebih segar dan mudah berkonsentrasi terhadap pekerjaan. 

Di sisi lain, American Chemical Society juga menganjurkan lebih banyak meminum air putih saat bekerja, terutama yang melibatkan banyak posisi duduk. 

"Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, rasa bingung, gangguan jantung, dan pingsan," kata para ahli kimia dari American Chemical Society.

Mereka juga menulis, manusia akan merasa kehausan jika kehilangan 2-3 persen dari cairan tubuh. Sebaiknya, saat haus, minum air putih yang mudah dicerna tubuh ketimbang jenis minuman lainnya.

Alasannya, air putih juga mengandung oksigen yang bisa langsung diserap darah. 

Meskipun demikian, mereka juga mengatakan jika rasa kantuk sudah tidak tertahan, tidak ada salahnya sejenak memejamkan mata. Sebab, studi lain menunjukkan 15 menit tidur siang bisa mengembalikan energi dan membuat tubuh lebih segar. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya