FOTO: Mengulik Gaya Busana Menteri Perempuan Masa Kini

Gaya Fashion Menteri Siti Nurbaya dan Retno Marsudi
Sumber :

VIVA.co.id - Berpenampilan sederhana dan meninggalkan imej pejabat, itulah kesan utama yang tertangkap dari penampilan wanita-wanita hebat di jajaran Kabinet Kerja Joko Widodo - Jusuf Kalla. 

Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

Tidak hanya memiliki memiliki prestasi yang membanggakan, namun para menteri perempuan Indonesia ini sering menjadi sorotan publik dalam berbagai hal, termasuk dengan gaya berbusananya.

Ya, banyak  masyarakat yang diam-diam memperhatikan gaya model keseharian para menteri perempuan sekarang ini. Apalagi tidak semua menteri perempuan Indonesia memiliki gaya dan penampilan busana yang sama. Ada banyak keunikan dan ciri khas yang terbentuk pada diri masing-masing. 

Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh desainer dan pengamat fesyen ternama Sonny Muchlison. Menurutnya, para menteri perempuan yang menjabat saat ini memiliki tingkat profesional dan berpenampilan sederhana, serta jauh dari imej pejabat yang konservatif.

"Pada kenyataannya banyak pejabat yang sangat konservatif dalam hal berbusana. Mereka tidak begitu update terhadap fesyen dan hanya mengadapatasi sekedar kebutuhan mereka saja," ujar Sonny saat dihubungi VIVA.co.id.

'Cultural Coffee Morning', Promosi Indonesia ala Kemlu

Hal ini tak ayal membuat setiap menteri perempuan terlihat lebih menonjol dalam gaya profesional.

"Saya tidak tahu apakah di setiap kementerian memiliki protokoler khusus berbusana atau tidak. Menjaga penampilan yang sesuai sangatlah dibutuhkan untuk para menteri. Sebab hal tersebut menunjukkan identitas pribadi, martabat, harga diri, dan strata sosial," kata Sonny.

Namun apapun itu, fesyen di dalam kelembagaan sangatlah berbeda dengan dimanapun. Para menteri perempuan mempunyai pakemnya tersendiri dan harus bisa mengontrol diri dalam berbusana. 

Lalu bagaimana gaya para menteri perempuan sekarang ini? Simak pengamatan VIVA.co.id di bawah ini:

Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan ini sangat terkenal dengan gayanya yang easy going, sederhana dan apa adanya. Salah satu penampilannya yang paling menonjol adalah saat menghadiri pelantikan menteri, dimana Menteri Susi tampil anggun berkebaya dan bersanggul, tanpa kehilangan ciri khasnya. 

Retno Lestari Priansari Marsudi 

Menteri Luar Negeri Indonesia ke-17 ini sangatlah pintar dalam berpenampilan. Dia kerap tampil dengan busana berwarna cerah, namun punya ciri khas Indonesia yang kental seperti menggunakan gaun-gaun dari batik dan tenun.

Siti Nurbaya

Berbeda dengan kedua menteri sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  Siti Nurbaya lebih suka bergaya maskulin. Dia kerap terlihat mengenakan setelan jas dan celana panjang yang dipadu bersama syal dari tenun Indonesia.

Puan Maharani

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani pun punya gaya personal yang berbeda. Dia lebih suka tampil simpel dengan memadukan kemeja dan celana. Sebagai tambahan, Puan terkadang menggunakan jas dan bolero batik.

Rini Soemarno

Menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno juga salah satu menteri yang  berpenampilan simpel. Seperti juga Puan, Menteri Rini kerap terlihat mengenakan kemeja putih bersama celana panjang yang dipadu syal batik sebagai aksen pemanis.

Khofifah Indar Parawansa

Menteri yang menggunakan hijab ini pun punya gaya berbusana simpel. Dia kerap terlihat menggunakan blus batik dan celana yang dipadankan bersama hijab dalam warna senada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya