Menguak Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kulit Wajah

Ilustrasi jeruk
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Umumnya orang yang makan buah jeruk, cenderung hanya makan buahnya saja. Padahal ada banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. 

Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit

Perlu diketahui, untuk kulit jeruk sangat efektif dalam mengatasi masalah berbagai kondisi kulit dan juga digunakan sebagai unsur penting dalam produk kosmetik. 

Berikut ini, beberapa manfaat kulit jeruk untuk kecantikan dilansir Boldsky:

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Mencerahkan warna kulit

Kulit jeruk memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi sebagai  pemutih alami. Bubuk dari kulit jeruk  ajaib ini dapat digunakan secara efektif untuk mencerahkan kulit secara alami. Caranya, campurkan bubuk kulit jeruk dengan susu, oleskan campuran itu pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Menghilangkan garis halus

Untuk menghilangkan garis halus dengan jeruk, caranya dengan membuat masker wajah dari kulit jeruk dan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan hingga mengering. Kemudian cucu dengan air biasa. 

Mengecilkan pori-pori kulit

Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk perawatan kulit sehari-hari, khususnya dalam menyingkirkan pori-pori yang tersumbat akibat kotoran. Buatlah masker wajah dengan kulit jeruk dan yoghurt. Kemudian terapkan campuran tersebut selama 15 menit lalu cuci hinga bersih.

Pengobatan jerawat

Kulit jeruk sangat membantu untuk menghilangkan segala macam kotoran yang ada di kulit. Campuran kulit jeruk dan air mawar dapat mengurangi jerawat dan masalah kulit lainnya.

Menghilangkan bekas luka

Kulit jeruk juga sangat menbantu untuk pengobatan dalam mengurangi  tanda bekas luka yang ada di kulit.

Memperlambat penuaan

Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan sehingga membuat kulit terlihat muda. Caranya campurkan madu, kunyit dan kulit jeruk lalu terapkan pada bagus garis-garis halus dan kerutan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Menyehatkan rambut

Kulit jeruk ternyata juga berfungsi untuk mengatasi masalah ketombe. Tidak hanya itu, kulit jeruk juga memerangi rambut rontok dan membuat rambut sehat dan berkilau. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya