Cara Sehat Menikmati Kopi

Kopi hitam.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Semakin hari semakin banyak orang yang peduli akan kesehatan. Tak heran jika tren kuliner sehat kini kian digemari.

Tentu bicara mengenai sehat, banyak orang yang memilih untuk tidak mengonsumsi dengan alasan menghindari sakit jantung, diabetes dan lain-lain.

Terseret Kasus Mirna, Ini Kata Jessica ke Media


Namun, bagi Anda penggemar kopi tak perlu khawatir akan dampak buruk dari kopi.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Angelica Widjaja, generasi kelima pemilik kedai kopi tertua di Indonesia, Warung Tinggi punya tips mengonsumsi kopi sehat.

"Kopi itu selera individu jadi kita tidak bisa memaksakan kopi kita lebih enak dan sebagainya. Tapi untuk kopi sehat saya rasa yang paling baik adalah mengonsumsinya dalam bentuk kopi hitam," ujar Angelica kepada VIVA.co.id di acara Koffie Warung Tinggi Celebration of 137th Anniversary di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Agustus 2015.

Ia menambahkan bahwa kopi sendiri sebenarnya merupakan minuman yang menyehatkan. Justru penggunaan gula, susu dan krimlah yang membuat kopi menjadi minuman yang tidak sehat.

Tentu saja asupan gula yang tinggi bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh mulai dari obesitas hingga diabetes.

Selain gula, susu dan krim, Angelica mengatakan Anda sebaiknya juga menghindari sirup yang tak kalah manis seperti sirup cokelat, karamel dan sebagainya.

"Untuk yang tidak bisa mengonsumsi kopi hitam, bisa tambahkan sedikit gula. Tetapi lebih baik pilih gula yang rendah lemak," kata Angelica.

Menurut dia, tips menikmati kopi sehat lain yang tak kalah penting adalah jangan konsumsi kopi saat perut kosong.

"Saya sendiri sebenarnya penggemar kopi tapi saya punya sakit maag jadi tidak bisa minum terlalu banyak dan tidak bisa minum kopi saat perut dalam keadaan kosong," ucap Angelica.

Tips terakhir adalah membatasi konsumsi kopi, karena apapun yang dikonsumsi berlebihan pasti akan memiliki dampak buruk, apalagi bagi mereka yang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Oleh karena itu, Angelica menyarankan untuk mengonsumsi kopi cukup 1-2 cangkir sehari. (ren)

Nino Fernandez

Cerita Nino Fernandez Jadi Pecandu Kopi

Gara-gara kopi, ia juga pernah mengalami jantung deg-degan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2016