Pernikahan Seumur Jagung Para Seleb Indonesia

Risty Tagor dan Stuart
Sumber :
  • VIVA/ Shalli
VIVA.co.id
Sandhy Sandoro Ikhlas Mantan Istri Menikah Lagi
-  Menikah merupakan keputusan paling penting dalam hidup seseorang. Seyogyanya ketika keputusan telah dibuat, sebagai orang dewasa ia mampu mempertanggungjawabkannya, termasuk segala konsekuensi yang terjadi.

Ini yang Dilakukan Julia Perez Demi Pisah dari Gaston

Tentu ini berlaku untuk semua kalangan, rakyat biasa maupun
Mediasi Gagal, Dewi Rezer Geram kepada Marcelino
public figure . Bedanya, jika menyangkut orang tenar, segala perbuatannya tentu menjadi sorotan publik. Inilah yang terjadi pada sejumlah artis Tanah Air. Dengan berbagai alasan, pasangan selebritas ini memilih mengakhiri pernikahan mereka.

Baru-baru ini, publik dibuat terkejut dengan kabar terbaru rumah tangga Risty Tagor dan Stuart Collin. Apa yang terjadi sebenarnya dengan keluarga kecil yang baru dirajut lima bulan itu? Masih terbayang wajah bahagia keduanya saat mengumumkan rencana pernikahan. Lontaran saling puji ke luar dari bibir masing-masing.

Namun umur pernikahan baru seumur jagung, muncul kabar tidak mengenakkan. Risty bersuara ia sudah pisah ranjang lebih dari sebulan semenjak akhir puasa kemarin dengan Stuart. Jika Risty berani bicara di hadapan media, tidak demikian dengan Stuart. Pria blasteran ini menghilang. Tak ada pembelaan.

Berawal dari Taaruf

Sebetulnya tak banyak yang mengetahui kabar kedekatan dua artis ini. Stuart butuh perjuangan keras mendapatkan hati Risty yang belum lama menjanda dari Rifky Balweel.

Awalnya Stuart membesuk Risty saat terbaring sakit di salah satu rumah sakit di Jakarta. Pada saat itu Risty baru usai menjalani masa iddah (masa seorang janda tak boleh menikah usai perceraian).

"Risty saat itu sakit. Temannya Risty ajak aku menjenguk. Aku di sana diam saja karena belum kenal banget, kan. Mikirnya kalau jenguk dan bantu seseorang, itu ibadah," cerita Stuart di hadapan awak media waktu itu.

Dari pertemuan pertama itu Stuart mulai memberikan perhatiannya kepada Risty. Stuart menganggap Risty adalah sosok wanita yang sempurna. Walau satu profesi dengan Risty, Stuart mengaku sulit melakukan pendekatan dengan ibu beranak satu itu.

"Aku lihat pembawaannya, insya Allah orangnya baik. Berjalannya waktu, enggak segampang yang aku kira. Beneran dicueki. Aku WhatsApp dibalasnya baru dua hari kemudian," ungkap Stuart.

Perjuangan Stuart tak berhenti sampai disini, berbagai cara pun dilakukan untuk mendapatkan hati Risty, salah satunya dengan mendekati putra semata wayang Risty, Arsen Raffa Balweel.  Dan akhirnya Stuart pun bisa menaklukkan bocah kecil tersebut.

Dari situ Risty pun langsung membuka hatinya untuk menerima sosok Stuart dalam hidupnya. Risty menganggap Stuart adalah pria yang bertanggung jawab dan bisa menjadi imam yang baik baginya.

Lewat akun instagram terlihat kedua keluarga berkumpul di kediaman Risty, dan ternyata pertemuan tersebut adalah awal dimana Risty dan Stuart mantap melangkah ke tahap pernikahan. Lamaran tersebut digelar pada Sabtu, 4 April 2015.

Tak mengenal kata pacaran, Risty dan Stuart mantap meresmikan hubungan mereka dengan menggelar akad nikah pada Minggu, 19 April 2015 di Novotel Hotel, Bogor, Jawa Barat.

Ini merupakan pernikahan pertama bagi pria berdarah Inggris itu. Maka dari itu, Stuart mengaku deg-degan mengucap janji sehidup semati tersebut.


Sebagai wujud rasa cintanya, Stuart memberikan mas kawin berupa cincin berlian dan seperangkat alat shalat. Sebelumnya Stuart ingin memberikan mas kawin berupa kumpulan mata uang asing, namun batal.


Selang dua bulan usai menikah, Risty mengandung buah cinta mereka. Risty mengaku bersyukur mengandung anak pertamanya bersama Stuart. Saat mengandung, Risty sempat masuk rumah sakit karena kandungannya lemah. Dan selama berada di rumah sakit, tak sekali pun sang suami mendampingi Risty.


Sampai pada akhirnya Risty diperbolehkan pulang oleh dokter, Stuart masih tak terlihat batang hidungnya. Gerah menanti kehadiran sang suami, akhirnya Risty membeberkan permasalahan rumah tangganya yang ternyata sudah terjadi sejang 1,5 bulan pernikahannya.


Diakui Risty, sifat Stuart drastis berubah semenjak menikahinya. Sampai-sampai Stuart tega memarahi dan melakukan tindakan tak menyenangkan terhadap Arsen.


"Saya enggak menyangka Stuart bersikap seperti itu. Karena sosok Stuart sebelumnya baik sekali dan soleh juga," ungkap Risty.


Dan akhirnya pada Kamis, 20 Agustus 2015 Risty resmi mendaftarkan gugatan cerai melalui Pengadilan Agama (PA) Jakarta Selatan. Lewat kuasa hukumya, Ina Rachman SH, Risty mempercayakan seluruh berkas perceraiannya kepada tim kuasa hukum.


"Ya, sudah kita daftarkan dengan No 2138/pdt.g/2015/PAJS," kata Alex Diego Ardiansyah SH, tim kuasa hukum.


Walau sedang hamil, sesuai undang-undang, Risty tetap diperkenankan mengajukan gugatan cerai. Risty kabarnya mengajukan gugatan cerai, karena tidak mendapatkan nafkah lahir dan batin, serta dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).


"Perempuan sedang hamil, atau tidak, pengadilan tidak bisa menolak gugatan. Nanti, pelaksanaan sidangnya tinggal diatur hakim," kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Kotamadya Bogor, Jawa Barat, Agus Yuspiain, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 12 Agustus 2015.


Sesuai hukum acara sidang, perempuan yang sedang hamil tetap boleh menggugat cerai suami. Pembedanya hanya di akibat perceraiannya saja. Agus menuturkan, kalau suami yang mengajukan cerai, suami wajib memberikan jaminan selama masa iddah (living cost) selama 100 hari.


Jaminan yang biasanya berupa uang itu diberikan per hari selama 100 hari. Pihak suami juga wajib memberikan uang mut'ah satu kali setelah ada putusan cerai. "Pihak istri mendapatkan hak-hak akibat perceraian jika suami yang mengajukan cerai," jelas Agus.




Ayu Ting Ting dan Enji


Kisah asmara Ayu Ting Ting mungkin bisa dibilang tak berjalan semulus kariernya di panggung dangdut. Belum genap satu bulan menikah dengan Enji, ia sudah pisah ranjang. Bagaimana awal perjalanan cinta Ayu dan Enji yang manis, berubah menjadi pahit dan saling membenci satu sama lain?


Ayu pernah mengisahkan awal pertemuan dengan suaminya yang berjalan begitu cepat pada awal November 2011. Ayu mengaku dia dijodohkan kerabatnya. Awalnya, Ayu tak begitu tertarik dengan Enji. Pria itu dianggapnya 'tak cakep-cakep amat'.


"Saya dijodohin, awalnya saya enggak mau tapi seminggu pendekatan langsung jadian," kenangnya beberapa waktu lalu.


Saat itu di mata Ayu, Enji yang memiliki nama lengkap Henry Baskoro Hendarso itu adalah sosok yang low profile. Ayu lalu mulai memperkenalkan Enji ke media saat berlangsung acara penghargaan di salah satu televisi swasta pada 25 November 2011 di Balai Sarbini, Jakarta. Saat itu Ayu mengaku telah dua minggu berpacaran dengan Enji.


"Kita berteman sudah lama dan sekarang jadi pacar," kata Ayu tersipu malu sambil tak lepas memegang lengan Enji.


Dalam berbagai kesempatan, mereka kerap tampil bersama. Keduanya juga selalu memperlihatkan kemesraaan di depan media. Teman dekat Enji, Dharma juga mengungkapkan, kala itu Enji memang berniat mencari sosok perempuan untuk dijadikan sebagai istri.


Setelah dua tahun berpacaran, Ayu memutuskan menikah dengan Enji pada 4 Juli 2013, tanpa pertunangan. Meski menggelar pernikahan tertutup, tapi keduanya seperti tak bisa menutupi kebahagiaan. Pernikahan mereka pun sempat dibumbui dengan kabar-kabar tak sedap mulai dari Ayu yang telah berbadan dua hingga tak mendapat restu dari orangtua Enji.


Kini, semua kisah manis itu telah menjadi cerita masa lalu. Kedua pihak saling serang, saling tuding, dengan nada yang penuh tuduhan yang menyakitkan bagi satu sama lain. Bahkan setelah semua kabar tersebut menjadi santapan pemberitaan media, tiba-tiba banyak perempuan yang muncul dan mengaku pernah menjadi 'korban' Enji. Selain Anggita Sari, ada juga sosok model bernama Anggun.


Tidak ada yang ingin jadi pihak yang dipersalahkan. Enji mengaku Ayu Ting Ting tak pernah kembali sejak keluar dari rumah pada 25 Juli 2013. Tapi versi berbeda datang dari Ayu. Ayu mengaku ke luar rumah karena ditalak Enji.


Saat itu, Ayu berusaha ikhlas menerima cobaan dalam hidupnya. Ia ingin fokus merawat janin yang sedang di kandung.


Tanpa harus menunggu lama, usai melahirkan, Ayu menjalani proses cerai. Dengan putusan tersebut, perempuan kelahiran Depok, Jawa Barat, 20 Juni 1992 itu bisa fokus mengurusi pertumbuhan buah hatinya.


Dalam putusan itu juga, Majelis Hakim mengabulkan hak asuh atas putrinya Bilqis Khumairah Razak "Sekarang saya akan jalani kehidupan dengan anak saya. Pastinya lebih lega, lebih tenang, lebih fokus ke Bilqis," tegasnya saat itu. Mahasiswa Universitas Gunadharma itu pun mengaku tidak terbebani dengan status janda yang kini disandangnya.


Sebaliknya, ia merasa gembira menjalani kehidupan barunya.  Saat ini, Ayu hanya akan konsentrasi pada karier dan membesarkan buah hatinya. Dan sesuai janjinya sejak awal mengajukan perceraian, Ayu tidak meminta nafkah materi sepeser pun dari mantan suaminya.




Jessica Iskandar dan Ludwig

Nama Jessica Iskandar atau Jedar jadi sorotan setelah  kisruh rumah tangganya dengan sang suami, Ludwig Farnz Willibald, mencuat di media. Kisah rumah tangga Jedar dan Ludwig terbilang unik, pasalnya tak pernah mengabarkan kapan pernikahannya tiba-tiba Jessica telah memiliki anak.


Jessica dan Ludwig pun harus berhadapan di meja hijau setelah sang suami mengajukan pembatalan nikah. Ludwig membantah dirinya telah menikah. Padahal Jessica dengan bersikeras bahwa pernikahannya dengan Ludwig adalah sah dan terdaftar.


Pernikahan Jessica dan Ludwig disahkan Pendeta Simon Jonathan di Gereja Yesus Sejati Jalan Samanhudi No.23, Jakarta Utara, pada 11 Desember 2013 lalu. Sayangnya, pernikahan itu dilakukan diam-diam. Kabar bahagia pernikahan mereka semakin santer di tanah air, seiring dengan 'menghilangnya' Jessica.


Sambil menyerahkan surat keterangan resmi menikah, surat keterangan belum pernah menikah, surat pengantar dari kelurahan Ciganjur, serta foto kopi paspor milik suaminya, Jessica mendaftarkan pernikahannya ke Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta pada 8 Januari 2014, dengan akta nikah No. 05/AI/2014.


Namun sayangnya usaha keras Jessica itu tak sejalan dengan Ludwig. Tak ada niat baik Ludwig untuk terus melanjutkan pernikahan dengan Jessica.


Geram dengan sikap sang suami, Jessica pun ingin segera bercerai dari Ludwig. Gayung bersambut, Ludwig telah mendaftarkan perceraiannya dengan Jessica di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


Jessica siap menjadi janda. Jessica mengaku hanya fokus ingin mengurus anak semata wayangnya, El Barrack.



Krisna Mukti dan Devi


Di bulan Juni 2014, publik sempat dikejutkan dengan pernikahan diam-diam yang dilakoni pesinetron dan anggota DPR, Krisna Mukti. Tak ada kabar berpacaran, Krisna mendadak menikahi seorang gadis asal Depok, Devi Nurmayanti. Krisna pun akhirnya melepas status lajangnya di usia 44 tahun.


Pernikahan mereka digelar cukup sederhana. Tanpa ada resepsi, menikah di KUA adalah cukup bagi Krisna Mukti. Aktor 44 tahun itu resmi menikahi Devi di Kantor Urusan Agama (KUA) Beji Depok dengan proses singkat. Ya, Krisna dan Devi hanya mengadakan akad nikah dengan dihadiri keluarga masing-masing mempelai serta sahabat dekat.


Kata Astrid, sahabatnya, Krisna tak menjalani proses pacaran yang lama dengan Devi. Krisna pun telah mantap menjatuhkan pilihannya kepada Devi sebagai calon istrinya. Selang beberapa bulan, Krisna akhirnya muncul ke publik dan media sedikit menceritakan pernikahannya. Krisna saat itu punya alasan sendiri mengapa tak menggelar resepsi pernikahan.


Krisna mengaku lebih tertarik membangun rumah ketimbang mempersiapkan sebuah pesta resepsi  mewah bernilai miliaran. Ditambah lagi sang istri, kini sedang hamil 5 bulan.


Namun pernikahan mereka tak berlangsung lama. Belum genap setahun tepat bulan Mei 2015 kemarin, Devi menggugat cerai Krisna.


Secara tiba-tiba, Devi menggugat cerai Krisna di Pengadilan Agama Depok. Perkara dengan nomor gugatan 1224/Pdt.G/2015/PA.Dpk itu di daftarkan pada 13 Mei 2015 lalu.


Devi Nurmayanti, membeberkan alasan menggugat cerai sang suami. Devi mengaku tak bisa menahan kesabaran lagi.


Meski baru satu tahun menikah, kepada awak media, Devi Nurmayanti mengaku sejak awal menikah sampai sekarang dia belum pernah dinafkahi secara lahir batin.


"Dari nikah sampai sekarang tak pernah melakukan hubungan badan. Secara harfiah mereka menikah, tapi mereka tidak terlihat seperti suami istri," kata kuasa hukum Devi, Afdhal Zikrie, di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa 19 Mei 2015.


Sebelum akhirnya dinikahi Krisna, wanita yang dulunya bekerja di salah satu karaoke keluarga itu mengungkapkan bahwa Krisna sempat memiliki empat kandidat calon istri. "Tapi akhirnya dia pilih aku yang saat itu sudah hamil," kata Devi.


Dan akhirnya pada 11 Agustus 2015 lalu, Devi resmi bercerai dari Krisna. Devi pun merasa lega permasalahan rumah tangganya dengan Krisna sudah berakhir.


Meski bercerai, Devi mengatakan akan tetap berkomunikasi dengan Krisna terkait masalah anak. Devi ingin semua pihak termasuk Krisna akan menerima perceraian ini dengan lapang dada.




Christy Jusung dan Jay Alatas


Hanya delapan bulan saja usia pernikahan artis cantik Christy Jusung dan seorang pengusaha sekaligus musisi Jay Alatas. Resmi menikah pada 28 April 2013 dan mereka akhirnya  berpisah pada 23 Juni 2014.


Proses perceraian Sissy-- sapaan Christy Jusung dan Jay Alatas berlangsung cukup alot. Persidangan mereka digelar selama lebih dari 8 bulan sejak Sissy menggugat mantan suaminya itu pada 7 Januari 2014.


Dan puncaknya pada 23 Juni 2014, majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan langsung mengetuk palu putuskan perceraian meski keduanya baik Sissy maupun Jay tak tunjukkan batang hidung mereka.


Kisruh pernikahan Sissy dan Jay diduga dipicu campur tangan anak-anak Jay dari pernikahan pertama hingga membuatnya tidak nyaman setiap berada di rumah. Sissy bahkan diusir anak-anak Jay.


"Bu Sissy pergi dari rumah karena saat pulang, tiba-tiba di depan rumah sudah ada koper, 'paper bag' hingga gantungan bajunya," kata Miftaahul Jannah, kuasa hukum Sissy saat itu.


Sissy merasa diusir. Kepada pihak kuasa hukumnya, Sissy merasa tak dihargai sebagai ibu baru bagi anak-anak Jay. Namun perjalanan rumah tangga dan perceraian mereka sempat diwarnai dengan isu kehadiran pihak ketiga, juga soal harta kekayaan.


Sissy pun seakan pasrah dengan nasib rumah tangganya yang baru seumur biji jagung itu. Belakangan ia membantah memiliki hasrat mengincar materi yang dimiliki Jay.




Ginanjar dan Susi


Nama komedian Ginanjar Empat Sekawan sempat jadi sorotan di tahun 2013 setelah akhirnya melepas lajangnya dengan memperistri Susi Iriyanti, wanita cantik asal Tenggarong, Kalimantan Timur. Ginanjar menikah di usia 48 tahun.


Beda usia 21 tahun sepertinya tak menghalangi mereka untuk membangun bahtera rumah tangga. Ginanjar dan Susi tak butuh waktu lama untuk berkenalan, dan akhirnya mereka menikah.


Namun bayangan pernikahan tak seindah yang mereka impikan sebelumnya. Ginanjar digugat cerai sang istri.


Penyebabnya sepele, sang istri menggugat Ginanjar lantaran pria bertubuh mungil itu tak mau tinggal serumah dengannya. Susi geram dengan perilaku Ginanjar.


Pernikahan yang baru dirajut setahun itu harus kandas di tengah jalan. Susi ingin segera berpisah dari Ginanjar.


"Prinsip yang mendasar, penggugat menginginkan pernikahan paling tidak secara bersama-sama meluangkan waktu secara bersama-sama. Kelihatannya tidak terlaksana di awal pernikahan. Sangat sulit menentukan kualitas waktu bertemu, akhirnya itu menjadi dasar awal bercerai," ujar Yanuar Saputra, kuasa hukum Susi ketika itu.


Yanuar menegaskan, inti dari perceraian mereka adalah perbedaan prinsip antara keduanya. Ia  membantah kehadiran orang ketiga di dalam kehidupan rumah tangga kliennya dan Ginanjar.


Akhirnya mereka pun resmi bercerai pada 12 Agustus 2014 setelah hakim Pengadilan Agama Depok mengetuk palunya.




Perceraian Artis di Mata Psikolog


Psikolog Oriza Sativa angkat bicara soal fenomena perceraian di kalangan artis yang makin menghangat di tahun 2015. Oriza melihat gaya hidup artis dengan gemerlap hedonisme membuat sang artis terlena dan melupakan keluarga tercinta.


"Saat ini, seseorang yang menjadi artis otomatis perkembangan dirinya lebih meningkat. Salah satunya, mereka lebih Hedon, egosentris dan menganggap jadi pusat perhatian. Itu merupakan sifat-sifat buruk selain itu juga huru-hura, mereka sibuk, dan mengejar prestasi dan reputasi," ucapnya.


Kebanyakan permasalahan muncul antar pasangan artis karena miskomunikasi. Oriza juga menegaskan sangat wajar bila ada persaingan antara suami dan istri.


"Hal ini menyebabkan suatu permasalahan dengan pasangan, contohnya mereka merasa paling benar dan sukses, sehingga pendapatnya lebih benar dan tidak mau kalah dengan pasangan," ucap Oriza.


Lalu bagaimana dampaknya kepada keluarga? Oriza mengatakan itulah kerugiannya bagi artis yang bercerai akan membuat keluarga sedikit trauma.


"Dampak perceraian yang dialami artis ataupun yang bukan artis, sama sedihnya, sama trauma, bahkan ada yang dendam. Bedanya kalau artis, saat bercerai semua orang akan mengetahui karena ada publikasi. Sementara yang bukan artis, masih bisa menata kehidupan kembali karena tidak ada media dan publikasi," ucapnya.


Oriza mengatakan gosip dan isu tak sedap akan selalu membayangi para  artis dan pasangannya.


"Untuk artis, bagaimana mereka ingin menenangkan diri sementara terus dikejar media dan adanya publikasi. Malah menimbulkan gosip-gosip yang tidak benar, padahal permasalahan utamanya bisa saja karena ekonomi, tapi karena semakin terekspose sampai ada yang mengatakan karen homo, lesbi, dan segala macam," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya