Menilik Serunya Pesta Akbar para 'Bajingan'

Festival Gerobak Sapi 2015 di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita
VIVA.co.id –
Canting Mas Puncak Dipowono, Destinasi Baru Wisata Menoreh
Para ‘
bajingan
Wali Kota Belanda Terpesona Keseharian Yogyakarta
’ alias pengemudi gerobak sapi, akan merayakan pesta akbar akhir pekan ini di gelaran Festival Gerobak Sapi (FGS) 2015. Festival unik tersebut sudah dihelat untuk ketiga kalinya.
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Tahun ini, digelarannya yang ketiga, FGS mengambil tempat di Stadion Pacar (Sultan Agung) Bantul.  Alasannya, gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta menginginkan festival tahunan itu diselenggarakan secara bergiliran di kabupaten/kota di DIY.


“Sehingga nantinya Festival Gerobak Sapi bisa jadi ikon baru DIY,” kata Bowo Harso Nugroho, Ketua Umum Festival Gerobak Sapi 2015.


Penyelenggaraan FGS 2015 juga terbilang istimewa karena tahun ini pesertanya meningkat drastis. FGS kali ini akan diikuti oleh sebanyak 227 gerobak sapi yang berasal dari wilayah DIY dan Jawa Tengah.


Festival yang akan dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X pada hari Minggu mendatang, 6 September 2015 dan terdiri dari tiga kategori lomba, yakni karnaval, kustom dan balapan gerobak sapi.


"Selain memperebutkan piala Gubernur DIY dan GKR Hemas juga ada hadiah uang jutaan rupiah," kata Bowo.


Sementara itu Aria, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata DIY, menyatakan, perkembangan gerobak sapi di DIY sungguh luar biasa. Saat ini lebih dari 400 gerobak yang ada di DIY.


Dari situ, kini sudah muncul pula wisata gerobak sapi. Sebuah wisata alternatif yang berbasis budaya dengan naik gerobak sapi.


"Wisata ini merupakan kerjasama antara paguyuban gerobak sapi, Gamawisata yang dimotori oleh YS Enterprise," ujar Aria.


Ada beberapa wilayah di Sleman yang kini sudah dikembangkan wisata gerobak sapi, di antaranya di wilayah Cebongan, Kalasan dan akan menyusul wilayah Bantul.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya