Wanita, Jangan Remehkan Gejala Kanker Ini

Ilustrasi wanita sakit perut
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Mewaspadai kanker bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Pasalnya, banyak gejala dari penyakit ini, yang sulit dibedakan dengan gejala penyakit lain yang sepele. Namun, ada baiknya Anda kini lebih peka, terhadap beberapa gejala dan pertanda dari kanker, khususnya pada wanita. 

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Lalu, apa saja gejala dan pertanda yang harus diperhatikan? simak ulasannya, sebagaimana dilansir dalam laman Little Things.

Hilangkan Depresi dengan Lari
Kembung

Terganggu dengan rasa kembung dan tak nyaman pada bagian perut? jangan disepelekan, karena itu bisa menjadi tanda dari kanker ovarium yang melanda. Menurut Beth Y. Karlan, dari Cedar Sinai Cancer Institute, kembung yang berkepanjangan bisa menjadi tanda gangguan pada ovarium. Oleh karena itu bila kembung tidak kunjung hilang, periksakan diri Anda ke dokter segera.

Nyeri panggul

Selain kembung, pertanda lain yang bisa menjadi gejala kanker ovarium. Perhatikanlah dengan betul daerah dari panggul yang terasa sakit, jika rasa sakit berada di satu tempat yang sama, maka bisa saja disebabkan oleh kanker yang berada di sekitar daerah panggul Anda. 

Pendarahan 

Pendarahan tak biasa yang terjadi setelah masa menopause maupun di luar siklius haid, bisa menjadi tanda dari adanya kelainan pada ovarium Anda, salah satunya kanker. Meski hanya satu tetes atau sedikit flek yang terlihat, jangan sepelekan hal ini karena bisa membahayakan kesehatan Anda.

Selain gejala di atas, beberapa gejala lain yang menandakan munculnya kanker ovarium adalah sakit pada bagian perut bawah, masalah pada buang air kecil, dan masalah pada makan, yang bisa menjadi tanda dari serangan kanker yang berbahaya bagi wanita.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya