RESEP: Enam Sajian Lezat dari Terong

Ilustrasi terong
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
RESEP: Membuat Selai Stroberi Sendiri di Rumah
Di Indonesia, terong atau terung umumnya dimasak menjadi balado, sayur lodeh atau semur. Namun, tahu kah Anda bahwa di dunia kuliner internasional, nama terong sudah tak asing lagi.

RESEP: Rahasia Kentang Goreng Super Renyah

Ya, masyarakat di berbagai negara seperti Italia, Meksiko, Jepang dan negara-negara Timur Tengah juga lazim mengonsumsi hidangan berbahan dasar terong.
RESEP: Rasakan Kelembutan Kue Chiffon Green Tea


Terlepas keunikan rasanya, terong menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Kolaborasi kadar potasium (kalium) yang tinggi dan sodium (natrium) yang rendah berperan dalam pencegahan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan flavonoid dan antioksidan di dalamnya juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Terong juga mengandung senyawa terpen yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Sementara kandungan serat yang tinggi cukup bersahabat bagi saluran cerna.


Mengetahui deretan manfaatnya tadi, tak ada alasan untuk jarang mengonsumsi sayuran yang satu ini. Agar tidak bosan, berikut ini
VIVA.co.id
merangkum beberapa ide memasak terong lezat yang bisa Anda coba di rumah.


Terong isi


Terong isi adalah salah satu hidangan berbahan terong yang telah mendunia. Terong biasanya dipotong menjadi dua bagian memanjang dan diambil sedikit isinya hingga membentuk lubang. Campur daging terong tadi dengan bawang putih cincang, daging, saus tomat dan keju. Masukkan campuran tersebut ke dalam terung lagi lalu panggang hingga matang


Saus terong


Menyantap keripik tak lengkap tanpa saus cocolan. Jangan melulu memilih mayonais. Anda bisa membuat saus dari terong yang jauh lebih sehat. Caranya adalah dengan memotong-motong terong, bawang putih, bawang bombay dan paprika. Campur semuanya di dalam sebuah wadah dan bumbui dengan sedikit garam, merica serta minyak zaitun. Panggang hingga matang merata.


Setelah matang, masukkan ke dalam blender. Campur dengan pasta tomat atau tomat yang sudah dibersihkan. Blender sampai halus. Anda juga dapat menyajikan saus ini sebagai olesan roti panggang atau kentang goreng.


Yakinasu


Masakan khas Negeri Sakura ini mudah dan cepat untuk dibuat. Cukup panggang terong yang sudah dikupas kulitnya atau terong utuh. Setelah matang, siram dengan saus miso. Jika tak ingin dipanggang, Anda juga dapat membakarnya di atas api kecil.


Terong panggang


Pasta mungkin lebih umum dijadikan bahan pembuat caserole atau hidangan panggang. Tapi bukan berarti Anda tak bisa menggunakan bahan lain. Ganti pasta dengan terong yang telah dipotong-potong. Anda bisa menumis terong terlebih dahulu dengan bawang putih. Atau, langsung disusun di dalam pinggan anti panas. Jangan lupa tambahkan saus bolognese, krim atau pesto dengan taburan keju parmesan atau mozzarella mozzarella parut di atasnya.


Tempura


Penggemar kuliner Jepang pasti sudah tak asing lagi dengan tempura. Tak hanya udang, ubi dan bawang bombay saja yang bisa dijadikan tempura. Terong pun sangat lezat digoreng dengan balutan tepung renyah. Caranya, potong terong tipi-tipis lalu baluri dengan tepung panir, lalu goreng dengan minyak panas. Sajikan dengan saus tempura yang biasanya terdiri dari campuran shoyu (kecap asin Jepang) dan jahe yang sudah direbus.


Terong bakar


Anda gemar melakukan barbekyu di rumah? Tak hanya daging, berbagai jenis sayur seperti terong pun bisa Anda bakar. Terong bakar ini akan menjadi hidangan pendamping daging barbekyu yang lezat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya