Bugar di Hari Tua dengan Khasiat Kulit Apel

Ilustrasi apel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Awas Apel Bisa Sebabkan Kanker, Ini Cirinya
- Keoptimalan kerja tubuh, perlahan akan mengalami penurunan, seiring dengan pertumbuhan usia. Orang yang sudah memasuki usia lanjut pasti akan mengalami banyak masalah, salah satunya di bagian otot.

Ternyata, Apel Dapat Turunkan Kolesterol

Baca Juga:
15 Manfaat Apel yang Jarang Diketahui


Namun dilansir dari laman Daily mail, diketahui masalah otot pada usia lanjut bisa ditangani dan dicegah dengan bantuan dari kulit apel. Sebuah penelitian di University of Iowa, mengungkapkan bahwa, kulit apel dan tomat hijau, memiliki kandungan baik, yang dapat berguna untuk mencegah otot lemah di hari tua.


"Kulit apel dan tomat hijau, mengandung ekstra asam ursolik dan tomatidine, yang baik bagi kesehatan otot dan mencegah terjadinya masalah ketika usia tak lagi muda," demikian ujar dr. Christopher Adam, penulis serta pimpinan penelitian.


Khasiat yang dimiliki kulit apel dan tomat hijau ini, mampu melindungi kerja otot berlebih, dan bisa menjadi senjata ampuh untuk mengatasi lemas otot pada tubuh yang menua.


Penelitian yang dilakukan pada sepasang tikus dewasa, menunjukkan hasil signifikan, yakni pengurangan risiko gangguan otot sebanyak 30 persen, dalam dua bulan masa pengobatan. "Untuk mengoptimalkan kerja obat ini, Anda harus menjaga tubuh agar selalu aktif dan banyak bergerak. Dengan begitu, tubuh akan selalu bugar dan sehat, hingga akhir usia," ujarnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya