Olahraga, Cara Mudah Melawan Kanker

Ilustrasi olahraga lari
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVA.co.id - Kanker, adalah penyakit tidak menular yang membahayakan. Penyebabnya bisa dikarenakan keturunan, serta gaya hidup tak sehat yang tak diiringi olahraga rutin.

Olahraga yang Baik untuk Dapatkan Jantung Sehat

Baca juga:

Hal ini sangat disayangkan, karena ternyata, dengan berolahraga, Anda bisa melawan beberapa jenis kanker, dan membuatnya menjauh dari tubuh. Lalu bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya yang dikutip dari laman LiveScience.

Kanker kolorektal

Rutin berolahraga 30 menit sehari, terbukti bisa menurunkan risiko kanker kolorektal, atau kanker organ cerna. Hal ini dibuktikan sebuah penelitian di Institute of Cancer And Epidemiologi of Copenhagen, yang menyatakan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko kanker jenis ini 23 persen.

"Olahraga dapat melancarkan sistem cerna dan menguatkan sistem imunitas tubuh yang membuat tubuh lebih kebal terhadap gangguan bakteri di organ cerna yang berbahaya," ujar salah seorang peneliti dari lembaga itu.

Kanker prostat

Olahraga secara rutin, juga terbukti dapat menghindarkan Anda, pria, dari ancaman kanker prostat. Sebuah penelitian di 2007 mengungkapkan fakta, bahwa berolahraga mampu menjauhkan risiko kanker prostat. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kapasitas dan kegemaran, kuantitas tidak penting, yang penting kualitas olahraga.

Kanker payudara

Ladies, tak ada salahnya menjaga berat badan dan kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga sekelas aerobik ataupun zumba. Karena, aktivitas fisik seperti itu, terbukti dapat menghindarkan Anda dari risiko kanker payudara, hingga 25 persen.

Kanker, Penyakit Mahal yang Umum di Negara Miskin

"Olahraga, terbukti dapat menyeimbangkan kadar hormon dan protein berlebih di tubuh, yang keduanya bisa memicu pertumbuhan sel kanker," ujar peneliti. Tentunya hal ini harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan benar.

Ilustrasi Peregangan

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin

Ada banyak manfaatnya, apa saja?

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016