Menghidupkan Kembali 'Kota Hantu' di Meksiko

Mineral de Pozos
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id - Sebuah 'kota hantu' di Meksiko kembali dihidupkan kembali. Kota bernama Mineral de Pozos ini pernah dijadikan sebagai ikon film The Mask of Zorro tahun 1990-an. Dan kini, kota ini diharapkan kembali menjadi daya tarik baru untuk wisatawan.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda


Seperti dilansir Daily Mail, sebagai tanda kota ini akan kembali berkembang, banyak turis terpesona dengan banyaknya hot spot menarik di sana. Bahkan sejumlah investor mulai melirik akan membangun beberapa hotel di sana.

Mineral de Pozos  atau Pozos telah menjadi gurun tandus sejak tahun 1940-an, ketika tambang emas dan perak yang tersisa ditutup. Dengan berakhirnya bisnis dan pekerjaan di kota itu, orang-orang mulai menjauh. Seluruh bangunan di Kota Mineral de Pozos ketika itu hancur dan bobrok. Padahal sebelumnya, Meksiko telah menjadi surga untuk para seniman dan pelukis.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Tapi dalam 20 tahun terakhir ini, pelukis dan seniman telah menggunakan lanskap untuk fashion seni mereka, yang telah membawa apresiasi baru dari apa yang telah ditinggalkan. Tiga hotel baru sekarang sedang dibangun, dan sistem drainase kota kuno dan mati ini sedang dipugar.

Rosa Marino Huertas, mantan psikolog dari Pennsylvania, yang bersuamikan pria Meksiko Oscar Flores sedang membangun sebuah hotel dengan 13 kamar. Mereka mengatakan, "Tidak ada industri di sini, tidak ada sesuatu yang benar-benar menawan. Itu hanya kehadiran dan perasaan bahwa kami telah tiba di rumah," ujarnya.

Diyakini, kota ini hanya dihuni oleh 20 penduduk dan mungkin hanya didiami beberapa hewan. Untuk itu, banyak yang berpikir, dengan adanya wisatawan, bisa menjadi kunci untuk menghidupkan kembali kota ini.

Pozos didirikan pada abad ke-16 oleh orang Spanyol yang  ingin mengeksploitasi kekayaan alam berupa emas dan perak di wilayah ini. Puncaknya, di akhir abad ke-19, Pozos memiliki perkiraan 360 tambang yang beroperasi dan didiami sebanyak 40.000 jiwa. Tapi industri yang menguntungkan mengalami kehancuran akibat timbulnya Revolusi Meksiko.

Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon

Pekerjaan tambang terakhir menghentikan operasi di tahun 1940-an.
Penduduk setempat mencoba untuk menarik pengunjung dan meningkatkan pariwisata dengan membangun pasar, hotel dan hostel. Pemerintah Meksiko pun memutuskan bahwa Pozos harus digembar-gemborkan sebagai harta nasional, dan akan lahir kembali menjadi kota berkembang.

Pozos juga dikenal sebagai Pueblo Magico atau 'kota ajaib,' dan itu adalah gagasan yang bisa kembali menarik perhatian para wisatawan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya