Perlukah Anak-anak Konsumsi Suplemen Vitamin?

Foto ilustrasi vitamin.
Sumber :
VIVA.co.id
Idealkah Sarapan dengan Sereal dan Suplemen Kesehatan?
- Memastikan kecukupan gizi anak, adalah salah satu hal yang penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Namun, terkadang hal ini ditanggapi berlebihan oleh para ibu, yang membuatnya takut kalau-kalau sang anak tidak mendapatkan asupan gizi dan vitamin yang baik.

Awas, Ada Racun Penyebab Asma Pada Suplemen Anak

Baca juga:
Minyak Ikan Tak Punya Manfaat untuk Otak, Benarkah?

Hal inilah, yang kemudian menjadi alasan para ibu banyak memberikan suplemen multivitamin untuk sang anak. Dikemas dalam bentuk permen kunyah, atau isap, vitamin ini menjadi pilihan para ibu untuk anaknya. Namun, apakah anak-anak sudah boleh mengonsumsi multivitamin tersebut?


Menurut dr. Manny Alvarez, seorang pakar kesehatan, pemberian multivitamin pada anak, seharusnya tidak dilakukan sembarangan. "Kelebihan vitamin, juga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu, kadarnya harus diseimbangkan," ujarnya.


Dilansir dari
DailyMail
, pada saat bertumbuh dan berkembang, anak harus memiliki tubuh yang sehat dengan nutrisi yang lengkap. Karena kekurangan nutrisi, bisa mengganggu tumbuh kembangnya. "Namun, tubuh anak membutuhkan nutrisi yang alami, seperti dari buah dan sayur. Selain manfaatnya lebih banyak, rasanya juga lebih nikmat," ujar Manny.


Manny, kemudian menjelaskan bahwa, anak-anak membutuhkan bantuan suplemen multivitamin, dalam beberapa kondisi khusus seperti sulit makan, memiliki alergi terhadap jenis makanan tertentu, pilih-pilih makanan, atau dalam kasus yang parah, sang anak mengidap kelainan makan.


Semua kecenderungan tersebut, bisa diatasi dengan adanya suplemen vitamin anak ini. Namun, bila nafsu makan anak tidak bermasalah, sebisa mungkin berikanlah sumber vitamin yang aman dan berbahan alami dan tidak berbuah efek samping yang membahayakan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya