Amankah Melahap Makanan yang Sudah Jatuh?

Ilustrasi makanan jatuh
Sumber :
  • Freewallpaper

VIVA.co.id - Apa yang Anda lakukan ketika makanan jatuh ke lantai? Beberapa dari Anda pasti akan langsung memungutnya. Namun, apakah Anda yakin dengan kesehatan dari makanan yang sudah jatuh?

Baca juga:
Sebuah penelitian di Clemson University mencoba meneliti keabsahan mitos "belum jatuh lama maka bisa dimakan" yang berkembang.

Amankah Menyimpan Makanan Panas di Lemari Es?

"Banyak yang meyakini bahwa makanan yang segera diambil ketika jatuh, tidak akan tercemar bakteri. Namun, hal itu belum tentu benar," ujar Profesor Paul Dawson, pemimpin penelitian tersebut.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan pada 2007 ini menyatakan bahwa belum ada jaminan bersih atau tidaknya makanan saat jatuh, meski durasinya baru.

"Semua bergantung pada tingkat higienitas tempat jatuh, dan berapa lama waktu setelah jatuh. Rata-rata kuman dapat menyebar pada makanan dalam waktu 50 sampai 60 detik," dia melanjutkan.

Dalam kasus yang parah, pemahaman yang salah tentang hal ini bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti salah satunya keracunan.

Paul meyimpulkan, mitos ini berlaku pada makanan kering, yang jatuh hanya beberapa detik. Jika sudah lebih dari 60 detik, sebaiknya jangan mengambil makanan yang sudah terjatuh di lantai.

Tips Tetap Sehat Saat Santap Hidangan Pencuci Mulut

"Kehigienitas makanan tetap yang utama. Makanan kotor bisa membahayakan pencernaan dan merusak kesehatan," ujarnya.

Ilustrasi buah berry

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang mampu sebabkan tidak subur, hingga depresi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016