Tiga Tips Sehat yang Wajib Dipatuhi Ibu Hamil

Ilustrasi wanita hamil
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi para wanita yang sedang berbahagia, karena sedang berbadan dua, sering mereka melakukan kesalahan mendasar, yang justru bisa membahayakan tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Baca juga:

Dikutip dari laman Health.com, berikut adalah tiga tips yang dapat menjaga kesehatan seorang calon ibu:

Bahaya Stres Ibu Hamil pada Bayi yang Dikandung

Penuhi kebutuhan antioksidan

Wanita hamil sangat disarankan banyak mengonsumsi buah yang warnanya cerah, karena mereka banyak mengandung antioksidan. Ahli kesehatan Largeman-Roth bahkan menyarankan, baiknya ada 5-9 buah yang wajib dikonsumsi setiap hari.

“Menu salad yang dijadikan sarapan sangat bagus, bisa dicampur buah-buahan. Jangan terlalu pemilih, baik buah kering atau beku sama-sama punya antioksidan bagus. Campur dengan menu yogurt di pagi hari, supaya rasanya makin lezat. Lalu saat malam, tutup dengan menu sayuran hijau yang menyehatkan,” katanya.

Lawan morning sickness

Meski rasa mual sering datang kepada wanita hamil, namun akan sangat baik jika Anda tetap makan dan minum normal. Jika morning sickness (gangguan pagi untuk ibu hamil) selalu datang, bisa juga diakali dengan makan sebelum tidur.

Jika rasa mual terasa berlebih, temui dokter untuk minta solusi tentang hal ini. Anda juga harus selalu menjelaskan ke dokter, suplemen apa saja yang sudah diasup, agar ahli kesehatan tidak malah memberi nutrisi secara berlebihan.

Hindari minum alkohol

Saat ini, banyak wanita modern yang menjadi peminum, hal ini tentu disayangkan dari sisi kesehatan. Saat Anda hamil, namun masih mau minum alkohol, ketahuilah bahwa hal itu sangat berbahaya bagi janin.

Dr. Weiner, seorang ahli kandungan menjelaskan, “Celakanya banyak wanita mengikuti temannya, yang juga hamil, tetap minum, namun ia sehat. Masalahnya, segelas anggur saja, sudah bisa membuat janin rusak, dan hal ini memang bisa punya hasil berbeda bagi setiap wanita.” Jadi, ladies, segera jauhi minuman alkohol kalau ingin si kecil lahir sehat.

Sulit Hamil, Upaya Ini Bisa Jadi Solusi
Ilustrasi kehamilan.

Kapan Seharusnya Wanita Berhenti Mengandung?

Setiap usia, memiliki risiko kehamilan yang berbeda.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016