RESEP: Cara Membuat Udon, Mi Khas Jepang

Tamotsu Kurokawa membuat udon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah
VIVA.co.id
Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 
- Udon adalah salah satu jenis mi yang sudah dikenal di Jepang sejak dulu, dibuat dari tepung terigu dan berbentuk tebal dan agak lebar.

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana
Di Indonesia, mi ini sudah semakin populer. Hal itu terlihat dari semakin banyaknya resto dan menyediakan menu Udon di beberapa tempat. Salah satunya Tamoya, di Emporium Pluit Mall, Jakarta Pusat.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport
Tamotsu Kurokawa, pendiri sekaligus pemenang kompetisi membuat udon di Jepang pun berbagi cara bagaimana membuat udon. Berikut caranya.

Simpan adonan

Adonan mi udon yang sudah dicampur, disimpan selama sehari sebelumnya. Penyimpanannya pun khusus, seperti kulkas tapi bukan yang biasa, khusus untuk simpan adonan udon.

Bentuk bola

Setelah disimpan sehari, buat kikumomi atau bola dari adonan udon. Agar lebih halus lagi sampai membentuk bunga di bagian bawahnya. Bentuk itu menjadi awal pemberian nama kikumomi.

Lempengan

Tekstur yang awalnya lembek, setelah dibentuk jadi bola lebih keras dan padat. Setelah itu didiamkan. Setelah itu ditekan-tekan jadi gepeng lempengannya seperti pizza.

Potong udon

Setelah itu mulai dibentuk udon dengan digulung pakai tongkat kayu kashi dari Jepang sampai adonannya melebar dan tipis. Setelah tipis dan lebar, baru dipotong jadi udon pakai pisau khusus.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya