Ada Ikan Setan di Ancol

Ikan Setan Hitam di Sea World Ancol, Jakarta Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA.co.id - Halloween merupakan kependekan ‘All Hallows Even‘ atau momen petang sebelum Hari Raya All Hallow. Asal-usul Halloween konon dimulai dari festival Samhain dari Inggris.  Festival yang popular di Amerika Serikat ini digunakan untuk memperingati perubahan drastis dari musim panen menuju musim dingin.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Festival Samhain dianggap sebagai momen terbukanya pintu ke dunia kematian, sehingga para roh yang telah mati, bangkit kembali dan mengunjungi rumah mereka. Kadang kala muncul roh jahat, yang harus diusir dengan api unggun dan kostum aneh. Dari sinilah konsep kostum unik Halloween muncul.

Sekarang Halloween dimaknai sebagai pesta hantu semata. Anak-anak berkostum menyeramkan yang akan mengetuk pintu rumah-rumah penduduk. Mereka berteriak “Trick or Treat” yang bermakna, sang tetangga harus memberi mereka dengan permen dan cokelat jika tidak mau dijahili. 

Menghabiskan Malam dengan Bus City Tour, Gratis

Ada pula hiasan khas Halloween, Jack-o’-lantern yang berupa labu kuning. Ditambah cahaya lilin atau lampu yang menerangi labu itu, ukiran wajahnya seram. 

Untuk merasakan nuansa hari Halloween tidak harus dengan mengenakan kostum hantu. Tetapi, juga bisa dengan berekreasi sambil belajar tentang biota-biota laut ke Seaworld Ancol.

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali

“Seaworld Ancol  memamerkan biota laut bertema 'Ghost' yaitu  ikan Black Ghost  dan Black Angel Manfish dan dalam satu akuarium khusus," kata Rika, Manager Coorporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Rika Lestari kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Black Ghost dikenal orang sebagai "Si Setan Hitam". Sebutan itu diberikan karena tubuhnya berwarna hitam kusam, warna putih hanya melilit pada pangkal ekornya. Ikan itu juga  suka bersembunyi di tempat yang gelap pada waktu siang hari, baru melakukan aktivitas di malam hari. 

Ikan ini dikenal pula dengan julukan " Si Penari balet", lantaran gerakannya yang maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya. Selain itu ada juga yang menyebutnya " Si Bulu Ayam", karena ketika bergerak membentuk sudut 90 derajat, tubuhnya bagaikan bulu ayam yang tegak berwarna hitam.

“Ikan ini merupakan ikan yang jinak dan bersahabat. Dengan julukan dan tingkah lakunya yang tidak biasa ini, maka ikan Black Ghost sering diidentikkan dengan nuansa Halloween," ujarnya.

Sedang ikan Black Angel Manfish atau yang dikenal juga dengan istilah ‘Angel fish’ berasal dari perairan Amazon. Manfish (Pterophyllum scalare) tergolong ke dalam famili Cichlidae, mempunyai ciri-ciri morfologis bentuk tubuh pipih dengan tubuh seperti anak panah. 

Ikan ini memiliki warna dan jenis yang bervariasi, sirip perut dan sirip punggungnya membentang lebar ke arah ekor sehingga tampak sebagai busur, dan pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor.

“Ikan tersebut sebenarnya tidak menggambarkan keseraman atribut dari perayaan Namun, dipilih sebagai biota yang mewakili tema di Sea World Ancol,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya