Kurangi Sakit Selama Kehamilan dengan Jogging dan Aerobik

Hamil
Sumber :
  • Freewallpaper
VIVA.co.id
Pengeluaran Hemat untuk Ibu Hamil
- Selama hamil, wanita sering merasakan sakit di bagian panggul. Rasa sakit yang menyiksa tersebut biasanya terjadi karena tubuh mengalami pelebaran untuk perkembangan bayi di dalam perut. 

Peran Penting Suami Saat Istri Hamil
Menurut British Journal of Sport Medicine, latihan selama tiga hingga lima kali seminggu sebelum kehamilan, dipercaya mampu mengurangi sakit pada bagian panggul selama kehamilan sebesar 14 persen.

Tips Menghindari Stres bagi Ibu Hamil
Hal tersebut juga didukung dengan hasil studi Norwegian Institute of public health, menyatakan bahwa dari 4.069 wanita dilaporkan mengalami nyeri panggul selama kehamilan, dan 12,5 persen dari jumlah tersebut ternyata tidak melakukan olahraga sebelum hamil.

Dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan olahraga, wanita yang melakukan olahraga sebanyak tiga hingga lima kali seminggu sebelum kehamilan memiliki resiko 14 persen lebih rendah dalam mengalami sakit panggul.

Seperti dilansir dari Dailymail, peneliti menyatakan, "melakukan latihan high impact sebelum kehamilan pertama seperti lari, jogging, orienteering, permainan bola dan aerobik bisa mengurangi sakit panggul selama kehamilan."

Laporan: Rintan Puspitasari
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya