Jangan Sepelekan Isyarat Tubuh Ini Demi Kesehatan

lingkar mata hitam
Sumber :
  • inmagine
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Di tengah kesibukan, orang seringkali mengabaikan beberapa tanda dari tubuh. Padahal tubuh memiliki caranya sendiri untuk memberitahukan bahwa dia sedang menderita.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Dr. Deyo Famuboni, seorang GP (General Practitioner) di London mengatakan, "Pecah di sekitar bibir, lingkaran hitam di sekitar mata, gatal pada kaki mungkin bagi Anda tampak biasa dan tidak  berbahaya. Namun, gejala tersebut bisa jadi peringatan dari penyakit atau gejala sakit." 

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Berikut ini beberapa isyarat tubuh yang perlu Anda ketahui seperti dilansir laman Dailymail.

Pinggang melebar

Anda bisa mengetahuinya saat mencoba celana jins baru. Saat ukuran pinggang melebihi 80 sentimeter pada wanita dan 94 sentimeter pada pria ini menandakan Anda mengalami sindrom metabolik dan juga berisiko menderita diabetes. Risiko semakin tinggi saat ukuran pinggang mencapai 88 sentimeter pada wanita dan 102 sentimeter pada pria.

Bintik kuning sekitar mata dan siku

Kondisi ini sering disebut sebagai xanthelasma dan penumpukan lemak di bawah kulit. Ini tanda bahwa tingkat kolesterol naik.

Lingkar hitam pada mata

Meskipun kurang tidur turut andil munculnya lingkar hitam pada mata. Hal ini juga bisa timbul akibat alergi atau seringnya rasa gatal pada mata atau sering menggosok hidung.

Kaki gatal

Kaki basah atau berkeringat memicu timbulnya infeksi jamur yang mengakibatkan kaki gatal. Anda perlu memperhatikan ciri seperti kaki bersisik, atau ruam di sela jari.

Retak di sudut bibir

Ini merupakan isyarat tubuh memerlukan asupan makanan yang kaya vitamin B dan besi seperti sayuran berdaun hijau, telur, dan daging.

Ruam yang gatal

Saat rasa gatal tidak berkurang dengan penggunaan krim, bisa jadi ini tanda penyakit celiac. Ini adalah kondisi dimana tubuh sensitif terhadap kandungan gluten dalam makanan.

Rambut Menipis

Ini adalah tanda bahwa zat besi dalam tubuh rendah atau sedikit lebih rendah dari normal. Kelainan tiroid juga bisa menjadi penyebab lain dari penipisan rambut. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya