Makanan yang Baik untuk Menjaga Hormon Wanita

Wanita makan sambil pegang ponsel.
Sumber :
  • Ist/Chatelaine
VIVA.co.id
Ini Enam Hormon Penyebab Anda Gemuk
- Saat seorang wanita telah mencapai usia senja, banyak hal dalam tubuhnya yang berubah. Selain metabolisme menurun (sesuatu yang berhubungan dengan kemampuan tubuh memertahankan berat badan ideal), hormon kaum Hawa juga tentunya akan tak lagi maksimal.

Kenali Empat Jenis Hormon Pemicu Kegemukan

Namun tenang ladies, dikutip dari laman
Empat Pertanda Gangguan Hormon pada Wanita
Healtista , dr Caroline Apovian dalam bukunya The Age-Defying Diet menulis berbagai makanan yang akan efektif menjaga hormon tubuh, dab berikut ulasannya:


1. Unggas, ikan, dan kedelai


Penelitian medis menemukan fakta, bahwa wanita yang pra-menopause berat badannya menurun ketika protein yang mereka asup, berasal dari bahan makanan ini. Ya, selain unggas dan ikan, kedelai juga dapat meringankan rasa panas di tubuh, dan mengurangi risiko datangnya kanker payudara, penyakit jantung, dan osteoporosis.


2. Sayuran


Brokoli dan kembang kol dapat melawan kelebihan estrogen dan menurunkan risiko kanker payudara. Estrogen berlebih akan terjadi pada wanita pra-menopause yang kelebihan berat badan, dan ini tak baik bagi hormon.


3. Biji-bijian

Kurang vitamin B menyebabkan perasaan cemas dan depresi. Makan biji-bijian, gandum, beras merah, dan daging sapi tanpa lemak akan sangat membantu, karena mereka bagus untuk untuk menjaga emosi sehingga hormon bisa lebih dikontrol.


4. Asparagus dan selada


Makanan ini mungkin jarang Anda sentuh, karena memang tak terlalu banyak menu yang bisa dihasilkan darinya. Namun rajin mengonsumsi dua makanan ini, ternyata bagus untuk membuat hormon lebih terkontrol dan perasaan semakin tenang. 



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya