Tips agar Anak Bisa Atasi Masalahnya Sendiri

Ibu dan anak.
Sumber :
  • http://elitedaily.com
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Ketika anak Anda besar, mereka harus sanggup mengatasi masalahnya mereka sendiri. Untuk itu, Anda sebagai orangtua harus bisa mengajarkan mereka langkah dasar mengatasi masalah.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak

Saat anak Anda cukup bijaksana untuk mengatasi masalahnya sendiri, Anda akan merasa tenang. Tidak hanya itu, anak Anda juga akan belajar berbagai hal seperti untuk tetap tenang dan berpikir rasional ketika ada masalah.
Menjelaskan Kematian pada Anak Usia Dini


Anak-anak yang bisa mengatasi masalahnya, mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang mandiri. Nah, jika Anda ingin anak Anda bisa mengatasi masalahnya, berikut tips agar anak bisa mengatasi masalahnya, seperti dilansir laman
Boldsky. 
  


Mengidentifikasi masalahnya


Langkah pertama adalah mengidentifikasi masalahnya. Contohnya, anak Anda memecahkan kaca jendela tetangga ketika bermain bola, buat dia duduk dan menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Jadi, masalahnya adalah memecahkan kaca tetangga dan menghadapi amarah tetangga.


Tukar pikiran


Ketika masalah sudah teridentifikasi, Anda harus bertukar pikiran untuk mencari jalan keluar. Duduk dan bahas dengan anak Anda, minta beberapa ide solusi dari anak Anda, sebelum tetangga mengambil tindakan.


Evaluasi situasi

Ketika anak Anda mempunyai beberapa solusi, Anda bisa kasih tahu solusi yang lebih baik. Salah satunya adalah bisa meminta maaf kepada tetangga dan memberikan ganti rugi kaca yang rusak. Jelaskan mengapa hal ini menjadi solusi yang benar.


Mengambil aksi


Ketuk rumah tetangga Anda, dan selesaikan masalah dengan mengatakan minta maaf, serta membayar ganti rugi. Dengan cara ini, Anda sudah memberikan ajaran cara untuk mengatasi masalah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya