Teknologi Terkini Obati Varises dengan Laser

EVLA
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA.co.id - Varises dan kaki bengkak adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak kalangan, baik pekerja kantoran sampai pekerja lapangan. Sering orang menyepelekan kaki bengkak.

Varises bukan lagi masalah estetik semata, namun Varises sudah menjadi suatu disease, tidak hanya wanita, saat ini varies dan kaki bengkak dapat juga diderita oleh laki laki.

“Varises adalah istilah medis untuk pelebaran pembuluh darah balik, atau vena. Pembuluh darah yang paling sering terkena varises adalah pembuluh darah balik, atau vena pada kaki karena tekanan di pembuluh darah tubuh bagian bawah,” ujar Dr. Witra Irfan Sp.B(K)V dalam seminar awam di Venosan Clinic, Jaksel.

Banyak Faktor yang dapat menyebabkan munculnyan varises sampai dapat menyebabkan kaki bengkak, mulai dari genetik sebagai faktor utama, sampai gaya hidup dan kebiasaan. Faktor lain yang turut memengaruhi seperti berdiri, atau duduk dalam waktu yang cukup lama.

Kaki kram, pegal dan bengkak adalah beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh para penderita varises. Pada tingkat lanjut sampai keluhan munculnya varises yang berkelok kelok yang nampak pada permukaan kulit.

“Tidak hanya tampilan yang menjadi fokus perhatian penderita varises, bengkak, dan kram hebat merupakan keluhan yang sering dikeluhkan, bahkan sampai yang lebih serius dapat menyebabkan luka terbuka, hingga menyebabkan kematian,“ jelasnya.

Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin



Bagaimana dapat mencegah, atau mengobati varises dan kaki bengkak? Pemeriksaan pembuluh darah vena adalah dengan USG Doppler. Pemeriksaan USG Doppler mengetahui apakah katup dan ukuran pembuluh darah vena Anda masih dalam batas normal, atau malah terdapat bekuan darah yang dapat menyebabkan kaki bengkak.

Setelah pemeriksaan tersebut, barulah dokter dapat menentukkan treatment yang sesuai seperti skin laser, suntik sampai treatment terkini adalah EVLA (Endovenous Laser Ablation). EVLT, atau Endovenous Laser Treatment adalah treatment terkini pengganti operasi konvensional, atau open surgery di mana dengan EVLT waktu penyembuhan relative lebih singkat. Semua tindakan pencegahan dan treatment yang dilakukan diatas selalui diawali dengan penggunaan compression stocking, yaitu venosan stocking.

Dulu penanganan varises secara konvensional dengan melakukan open surgery, atau membalut kaki dengan bandage, namun seiring kemajuan teknologi saat ini, penanganan varises menjadi lebih mudah dan cepat dengan laser dan menggunakan Medical Compression Stocking.

Venosan stocking memiliki tekanan yang bergradasi yang dapat membantu efek memompa darah balik di tungkai bawah kembali ke jantung lebih cepat, sehingga dapat mengurangi bengkak,“ katanya. (asp)

Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016