Studi: Kacang Polong, Keju, Jagung Rahasia Umur Panjang

olahan kedelai
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Manfaat Menakjubkan Kedelai untuk Kecantikan
- Kacang polong,
blue cheese
Ini Manfaat Kacang Kedelai bagi Wanita Menopause
atau keju dari susu kambing, jagung, dan kacang kedelai, ternyata adalah beberapa jenis makanan yang akan memperpanjang usia Anda. Hal itu diungkapkan sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Dilansir dari
Food World News,
studi tersebut menunjukkan bahwa rahasia khasiat umur panjang yang diberikan deretan makanan tadi adalah senyawa spermidine yang terkandung di dalamnya. Menurut para peneliti, spermidine mampu membuat tubuh awet muda, karena berhubungan langsung dengan pembalikan ritme sirkadian, atau jam alami tubuh.


Makanan yang mengandung senyawa tersebut jika dikonsumsi akan meningkatkan ritme sirkadian tubuh yang mengikuti siklus 24 jam.


Penyimpangan jam tubuh alami akibat usia, diketahui mampu memperburuk sejumlah penyakit tertentu seperti kanker dan Alzheimer. Juga dapat menyebabkan perubahan fisik, mental hingga perilaku.


"Temuan ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara jam sirkadian dan metabolisme tubuh, sehingga membuka kemungkinan ditemukannya intervensi nutrisi yang bisa memodulasi fungsi jam tersebut," ujar Dr Gad Asher, peneliti dari Weizmann Institute of Science di Israel.


Ia juga mengatakan, gangguan ritme sirkadian tubuh telah dikaitkan dengan berbagai penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk kanker, Alzheimer, Parkinson dan peradangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya