Lima Cara Mudah Sembuhkan Pengar

Wanita sakit kepala.
Sumber :
  • guichetdental.org
VIVA.co.id
Air Putih Ampuh Turunkan Berat Badan
- Anda pernah merasakan yang dinamakan pengar (hangover)? Berbagai gejala hangover antara lain adalah sakit kepala, rasa mual yang hebat, dan rasa lelah yang ekstrem. 

Enam Hal yang Terjadi ketika Tubuh Kekurangan Air
Meski terdapat beberapa pengobatan untuk menyembuhkan hangover, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya sendiri. Berikut ini adalah lima cara mengobati hangover seperti dilansir dari Huffington Post.

Alasan Tubuh Membutuhkan Air Setiap Hari
Mengonsumsi air

H2O sangat ampuh untuk menyembuhkan hangover. Hal itu diungkapkan oleh Dr. George Koob, Ph.D., Direktur Nasional Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism yang pernah mengadakan studi mengenai dampak alkohol pada kesehatan manusia.

Makan makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, terutama makanan yang mengandung vitamin B dan antioksidan tinggi akan menyembuhkan hangover. Demikian menurut Dr. Jason Burke, M.D., anesthesiologist dan founder klinik kesehatan Hangover Heaven di Las Vegas.

Ia juga merekomendasikan untuk menghindari makanan dan minuman tinggi lemak saat hangover seperti kentang goreng dan soda. Makanan seperti steak, bayam, kale, cranberry, salmon dan hati kaya akan vitamin B sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Hindari minuman berenergi

Minuman berenergi dapat meningkatkan dehidrasi sehingga akan memperburuk hangover. Tak hanya itu, mengonsumsi minuman berenergi bersama alkohol sangat membahayakan kesehatan.

Hindari merokok

Para ahli setuju bahwa merokok akan memperburuk hangover. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Studies on Alcohol and Drugs, sebanyak 113 mahasiswa diteliti mengenai penggunaan alkohol dan rokok, termasuk gejala hangover yang dialami selama delapan minggu. Para peneliti lantas menemukan bahwa kombinasi alkohol dan rokok akan meningkatkan kondisi hangover yang diderita.

Mengonsumsi kopi

Kafein ternyata mampu menstabilisasi pembuluh darah otak yang tegang.
"Kafein adalah kunci pengobatan migrain dan sakit kepala sebelah. Beragam pil yang mengobati sakit kepala adalah kombinasi antara kafein dan ibuprofen atau zat serupa," ujar Dr. Burke. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya