Mengenal Tradisi Minum Kopi dan Teh ala Indonesia

acara Konvesi Kopi Teh dan Cokelat
Sumber :
  • VIVA / linda

VIVA.co.id - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan hasil agraris melimpah. Beberapa di antaranya kopi, teh, dan cokelat. Dengan kekayaan tersebut, Indonesia mampu mengekspor komoditas itu keluar negeri.

Salah Kaprah Tentang Penyajian Teh

Selasa, 24 November 2015, digelar acara Konvensi Kopi, Teh dan Cokelat. Acara ini berlangsung hingga 26 November 2015, berlokasi di gedung SME Tower, Jakarta Selatan.

"Ini merupakan kali pertama acara ini dibuat dan digagas untuk memperkenalkan produk Indonesia, seperti kopi, teh dan cokelat. Di mana produk tersebut sebenarnya tidak kalah bersaing dan memiliki nilai jual tinggi," ujar Ketua Pelaksana, Kuntari Sapta.

Kolaborasi Unik Kopi Pahit Dengan Red Velvet

Ia mengatakan, acara ini diharapkan dapat menjadi etalase yang menjanjikan, bagi pengusaha lokal dan investor asing. Acara yang berlangsung tiga hari itu, melibatkan tiga kementerian, yakni Kementerian Pertanian, Perindustrian, dan Pariwisata.

Pihak Kementerian akan menghadirkan seminar dan talkshow serta edukasi, tentang tata cara mengemas produk menjadi layak jual. Acara ini juga mendapat sambutan positif dari perwakilan Kementerian Pariwisata.

Teh Tertua di Dunia Ditemukan di Makam Kaisar China

"Ini merupakan acara positif, selain itu Indonesia memiliki budaya minum kopi dan teh, di mana setiap kota punya keunikan cara penyajian masing-masing," ujar Esti Reko Astuti, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Indonesia.

Esti menambahkan, dengan adanya acara ini, secara tidak langsung akan memperkenalkan tradisi minum kopi dan teh ala Indonesia. Sehingga hal tersebut dapat dipatenkan sebagai kegiatan agro-tourism.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya