Suasana Hati Buruk? Obati dengan Cara Ini

Perawatan wajah wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Setiap orang pasti menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan sukses. Namun sayangnya, beberapa hal yang disebut sebagai 'bencana' sulit untuk dihindari.

Pria, Ini Cara Hadapi Mood Swing Ibu Hamil

Seperti jatuh di pinggir trotoar, menumpahkan minuman ke baju atasan, mengalami kemacetan, hingga terburu-buru pergi ke kantor.

Hal-hal inilah yang terkadang membuat perasaan atau mood menjadi rusak. Hingga rasanya malas untuk melakukan apapun seharian. Beragam cara sering dilakukan untuk mengembalikan semangat dan perasaan bahagia setelah mengalami sesuatu yang tidak diharapkan. Mulai dari pergi ke salon, mendengarkan musik, hingga curhat dengan teman sekantor.

Ini Cara Paling Ampuh Usir 'Bad Mood'

Tapi suasana hati masih belum kembali. Akibatnya, pekerjaan menjadi terbengkalai. Hidup kita seharian penuh menjadi 'berantakan'. Nah, jika Anda pernah mengalamimya, ikuti lima cara berikut yang dapat mengembalikan mood Anda seperti semula seperti dilansir dari Lifehack:

Pejamkan mata

Tiga Cara Ampuh Hilangkan Bad Mood dalam 15 Menit

Mengambil napas dalam-dalam adalah cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah, menenangkan pikiran dan melepaskan endorfin Anda. Lakukan itu berulang kali, setidaknya sampai tiga kali dan akhiri dengan gerakan sedikit membungkuk. Cara ini bisa menenangan hati dan pikiran. 

Luapkan

Cara ini bisa dilakukan ketika Anda sedang gugup atau memiliki mood yang tidak baik. Menggambar atau mencoret-coret bisa bermanfaat untuk dua hal, yakni membantu untuk memgeluarkan segalanya yang membuat Anda tertekan atau membantu menyimpan sesuatu yang ada dalam diri Anda.

Menurut Sunni Brown, penulis buku, The Doodle Revolusi, mencoret-coret dapat memengaruhi bagaimana kita memproses informasi dan memecahkan masalah. Ini benar-benar dapat membantu menyimpan informasi lebih banyak daripada jika kita hanya mendengarkan.

Bernyanyi atau berteriak

Bernyanyi dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan asupan oksigen yang baik untuk tubuh dan otak Anda, mengurangi kecemasan dan merilis endorfin. Jika Anda tidak memiliki suara yang bagus, tidak masalah Amda menyanyikannya keluar dari nada lagu tersebut, karena nantinya ini akan membuat Anda tertawa, kuncinya lakukan ini dengan orang lain.

Tertawa

Tawa memiliki banyak manfaat kesehatan. Tertawa dapat melemaskan otot-otot Anda dan mengurangi stres, meningkatkan mood dan menurunkan hormon stres. Jadi sekarang ketika merasa stres, cobalah beralih ke video lucu di YouTube untuk membuat Anda tertawa.

Lompat

Ternyata melompat sangat menakjubkan. Cara ini membuat darah Anda mengalir dan sistem limfatik Anda bergerak. Melompat juga merangsang metabolisme dan merilis serotonin, menghilangkan hormon stres yang menstabilkan sistem saraf Anda. Ini meningkatkan kepadatan tulang dan asupan oksigen yang membantu Anda menjadi lebih  fokus. Cobalah melompat cukup lama atau lakukan latihan cardio.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya