Faktor yang Pengaruhi Nafsu Makan Seseorang

Ilustrasi menu restoran atau makan malam.
Sumber :
  • Ist/Food Bank

VIVA.co.id - Ahli gizi mengatakan, cara terbaik menangani rasa lapar dan nafsu makan adalah dengan mengikuti isyarat alami tubuh. Lingkungan fisik dan kondisi psikologis seseorang akan mempengaruhi nafsu makan dan rasa laparnya.

Tujuh Makanan Ini Mampu Jaga Keseimbangan Hormon

Itu sebabnya, terkadang hal ini membuat Anda makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Berikut beberapa faktor yang memengaruhi nafsu makan, seperti dilansir dari Food World News.

Iklim

Anda akan lebih mudah merasa lapar ketika berada di tempat bersuhu dingin. Manusia juga cenderung menginginkan hidangan berkalori tinggi saat berada di tengah cuaca yang dingin. Itu karena makanan memberikan Anda asupan kalori yang akan membuat tubuh tetap hangat.

Tubuh juga memproses makanan lebih cepat saat berada di suhu dingin. Dengan begitu, perut akan lebih cepat kosong karena proses pencernaan lebih cepat sehingga Anda mudah merasa lapar.

Olahraga

Mereka yang berolahraga secara rutin akan memiliki nafsu makan yang baik. Mereka juga jarang merasa lapar secara tiba-tiba setelah berolahraga karena olahraga menarik energi yang tersimpan, yaitu glukosa dan lemak dari jaringan tubuh. Ini membuat kadar glukosa tetap stabil dan tidak melulu merasa lapar.

Olahraga juga memperlambat perjalanan makanan melalui saluran pencernaan. Perut akan dikosongkan secara perlahan karena olahraga juga mengurangi tingkat kecemasan, bagi sebagian orang itu berarti nafsu makan makanan ringan pun akan berkurang pula.

Kondisi kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan seperti stres fisik atau trauma kronis, patah tulang dan demam tinggi, mampu menurunkan nafsu makan dan memperlambat kontraksi alami dari saluran usus. Jika Anda mengonsumsi makanan pada saat-saat seperti ini, makanan akan disimpan sebagai cadangan di dalam usus atau bahkan mampu meregangkan usus.

Obat-obatan

Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan tertentu, umumnya akan mengubah nafsu makan. Obat-obatan tersebut antara lain antidepresan, pil alergi, diuretik, steroid dan obat-obatan penenang. Sedangkan obat yang mampu menurunkan nafsu makan adalah beberapa antibiotik, obat antikanker, obat antikejang, obat tekanan darah dan penurun kolesterol.

Ilustrasi tempat tidur.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Salah satunya berbincang santai dengan adanya bumbu humor.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2017