Berbagai Manfaat Pohon Trambesi bagi Kehidupan

Menanam pohon trambesi
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante
- Demi meningkatkan kesehatan masyarakat, banyak cara dapat dilakukan. Salah satunya dengan menanam pohon trambesi. Trambesi sendiri, adalah tumbuhan yang diyakini memiliki kemampuan menyerap satu juta ton gas CO2 setiap tahunnya.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Selain itu, hadirnya pohon trambesi dapat menjadi upaya memerangi perubahan iklim serta dampaknya. "Trambesi jenis pohon yang memiliki daya serap tinggi. Sehingga bila dilakukan penanaman massal, dapat mengatasi pemanasan global," ujar Endes N Dahlan, Dosen Fakultas Kehutanan IPB, yang dikutip dari rilis.
Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?


Lebih lanjut, ia menambahkan hadirnya pohon trambesi dapat melindungi perubahan iklim, bahkan yang ekstrem sekalipun. Saat ini, konsentrasi gas CO2 di udara meningkat karena kendaraan bermotor dan sektor industri.


Selain itu, trambesi dapat hidup di daerah kering atau tergenang air. Pada bagian akar, trambesi mengandung bakteri rhizobium, sesuatu yang dapat mengikat nitrogen di udara, sehingga dapat membuat tanah lebih subur.


Keunggulan lain, cabang trambesi kuat sehingga cocok untuk peneduh jalan. Terlebih, bentuk daunnya yang kecil menghasilkan zat allelopathyu, yang dapat membuat tumbuhan lain dapatĀ  tumbuh di bawahnya. Untuk itu, 17 Desember 2015 mendatang, akan digelar kegiatan Menanam Trambesi sejauh 1350 Kilometer, dari Merak-Banyuwangi.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya