Resep: Membuat Bakpao Daging Sapi di Rumah

bakpao
Sumber :
VIVA.co.id
Yuk, Kulineran Sambil Nonton Layar Tancap di Pasar Senggol
- Bakpao adalah salah satu jenis roti kukus khas Indonesia yang mirip mantau, roti kukus China. Varian bakpao terbilang cukup banyak, mulai dari bakpao isi cokelat, kacang hijau, hingga daging. Meski mudah ditemukan di mana-mana, namun tak ada salahnya sesekali kita mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Foodigitalpreneur, Cara Zomato Ajak Pebisnis FnB Melek Tren Digital

Selain lebih sehat, bakpao buatan rumah dapat dikreasikan dengan beragam bahan-bahan lezat lain. Berikut ini resep bakpao daging sapi yang bisa menjadi pilihan camilan untuk keluarga, dilansir dari Cooks.
Akhir Pekan, Waktunya Icip-icip 5 Kuliner Yummy di Jakarta


Bahan-bahan


Adonan

-1 cangkir air hangat

-1/4 cangkir gula pasir

-2 cangkir tepung terigu

-2 sdt soda kue

-2 sdt ragi

-3 sdm minyak sayur


Isian


-1 buah bawang bombay, potong kasar

-3 siung bawang putih, cacah halus

-1 cups daging sapi giling

-1 sdm kecap asin

-2 sdt saus tiram

-garam dan gula secukupnya


Cara membuat


1. Campurkan gula dan air. Aduk hingga rata. Sisihkan.


2. Masukkan tepung terigu, ragi dan soda kue ke dalam mangkuk berukuran besar. Aduk rata. Tambahkan air yang telah dicampur gula dan minyak sayur. Aduk rata.


3. Uleni adonan hingga kalis. Bentuk menjadi bola berukuran besar dan tutup wadah berisi adonan dengan kain basah. Diamkan selama 45 menit atau hingga adonan mengembang.


4. Sambil menunggu adonan mengembang, tumis bawang bombay hingga layu kemudian tambahkan bawang putih. Masak kembali selama beberapa saat lalu masukkan daging sapi. Aduk hingga daging matang. Masukkan kecap asin, saus tiram, garam dan gula. Masak selama satu menit. Sisihkan.


5. Ketika adonan telah mengembang, uleni kembali dan bentuk adonan menjadi enam bola berukuran sama. Ratakan masing-masing bola dan beri isian di bagian tengah. Bentuk kembali menjadi bola.


6. Diamkan selama 15 menit dan kukus selama 20-25 menit.

(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya