Ini Tips Menjauhi Anak dari Gadget

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Agar Hari Pertama Anak Masuk TK Berjalan Lancar
- Kecanggihan teknologi membuat anak zaman sekarang menjadi kecanduan terhadap gadget. Menggunakan gadget dalam waktu yang cukup lama tanpa ada peraturan, dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan mental anak Anda.

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen
Dengan berjalannya waktu, hal ini akan memiliki dampak tersendiri terhadap pertumbuhan emosional, mental dan fisik mereka. Agar tidak terjadi hal yang tidak dinginkan, berikut tips menjauhi anak dari gadget, seperti dilansir laman Boldsky.

Cara Nadia Mulya Disiplinkan Anak
Mengetahui mengapa mereka menyukai gadget

Sebelum mengeluh anak terlalu menyukai gadget, coba untuk mencari tahu mengapa mereka menyukainya. Jangan menjadi salah satu orangtua yang mendorong anak-anak untuk bermain gadget hanya untuk mengalihkan perhatian mereka dari Anda. Hal tersebut secara bertahap akan menjadi ide untuk anak-anak untuk melarikan diri dari realitas dunia.

Mendorong aktivitas luar ruangan

Minta anak-anak Anda untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Ini akan membuat mental dan fisik mereka menjadi fit, terutama jika mereka bermain dengan kelompok yang seumuran. Hal ini juga akan membantu mereka mengalihkan pikiran mereka untuk tidak menganggur di sofa dengan gadget.

Kasih jadwal rutinitas bermain gadget

Anak-anak perlu beberapa waktu untuk bermain dengan gadget untuk studi dan proyek-proyek mereka. Alangkah lebih baik untuk menetapkan jadwal rutinitas harian untuk anak-anak Anda dengan waktu tertentu dalam menggunakan gadget. Namun, pastikan bahwa mereka tidak menghabiskan waktu hanya untuk menonton kartun, chatting, atau bermain game.

Ganti gadget dengan permainan lain

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan jika anak-anak Anda kecanduan gadget, berikut ide menariknya. Jika mereka suka bermain kartu atau catur pada layar komputer, perkenalkan mereka dengan permainan yang nyata. Ini akan mengalihkan minat mereka dari layar dengan realitas yang lebih menggembirakan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya