Uniknya Rumah dari Tanah Liat di Kolombia

Rumah dari Tanah Liat
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
7 Suku yang Memiliki Tradisi Unik dan Aneh di Dunia, Bisa Pinjam Istri
- Tanah liat sering dikreasikan menjadi guci-guci indah, atap rumah, maupun tugas keterampilan anak sekolah dasar. Namun, bagaimana bila dibuat menjadi rumah yang cukup besar?

7 Hewan Aneh Bisa Melakukan Hal yang Tidak Bisa Dipercaya

Dilansir
7 Kebiasaan Unik Orang Rusia yang Membuat Wisatawan Bingung
Amusing Planet , rumah unik ini terletak di Villa de Leyva, sebuah desa pegunungan kolonial 95 mil utara dari Bogota, Kolombia, dibangun oleh arsitek Columbus Octavio Mendoza.


Rumah ini dibangun seluruhnya dari tanah liat dan dipanggang di bawah sinar matahari. Tidak ada baja, atau semen, atau bahan penguat lain digunakan. Rumah 5.400 kaki persegi diklaim oleh Mendoza menjadi "bagian terbesar dari tembikar di dunia."


Bangunan ini memiliki dua lantai dilengkapi dengan tempat tidur, meja dan kursi juga terbuat dari tanah liat.


Terdapat dapur yang berfungsi penuh, dengan piring, kendi, dan vas, semua  merupakan barang kuno dari bahan yang sama. Solar panel menyediakan air panas untuk mandi dan toilet kamar mandi, sserta wastafel dihiasi dengan ubin mozaik warna-warni.


Mendoza, yang menghabiskan sebagian besar karirnya merancang rumah, bangunan komersial dan gereja mengaku sudah 14 tahun bekerja dalam proyek tersebut.


Tujuan Mendoza, katanya, adalah untuk menunjukkan bagaimana tanah bisa diubah menjadi arsitektur layak huni dengan hanya menggunakan sumber daya alam di tangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya