Tujuh Alternatif Nasi Putih yang Lebih Sehat

Ilustrasi kulit beras
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Mengenal Jenis Beras India dan Manfaat Kesehatannya
- Nasi menjadi makanan pokok masyarakat di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Nasi dari beras putih lah yang paling umum dikonsumsi.

Ratusan Karung Beras Bulog Tumpah di Jalan Yos Sudarso
Meski pulen dan lezat, nasi putih mengandung kalori dan gula yang cukup tinggi. Itulah alasannya penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan tidak disarankan mengonsumsi nasi putih dalam porsi normal.

Jusuf Kalla: Bulan Depan Beras Impor Masuk ke Indonesia
Meski begitu, terdapat banyak pilihan alternatif nasi putih yang jauh lebih sehat. Tak hanya itu, alternatif-alternatif ini juga tak kalah lezat. Berikut ini di antaranya seperti dilansir dari Boldsky.

Beras cokelat

Ini merupakan salah satu pilihan beras sehat yang patut Anda konsumsi sebagai alternatif nasi putih. Beras cokelat juga memiliki lebih banyak manfaat kesehatan. Begitu pula dengan kandungan seratnya yang tinggi, sehingga membantu menjaga kadar gula dalam tubuh. Penderita diabetes sangat disarankan mengonsumsi beras satu ini.

Kinoa

Kinoa atau quinoa adalah butiran padat nutrisi yang menjadi makanan pokok Suku Inca di wilayah Andes, Amerika Selatan selama ribuan tahun. Quinoa sangat menyehatkan karena bebas gluten dan kaya akan zat besi, vitamin B, magnesium, fosfor, potasium, kalsium, vitamin E, dan beragam mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

Poha

Bagi Anda yang belum tahu, poha adalah nasi di India yang dihaluskan, sehingga bentuknya flat dan ringan. Ini membuat poha ringan di perut dan memudahkan sistem pencernaan memprosesnya. Poha juga bermanfaat bagi penderita anemia, karena mengandung zat besi yang cukup banyak.

Barley

Salah satu jenis makanan whole grain atau gandum utuh ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Barley mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Barley juga membantu meregulasi kadar gula darah, mencegah kenaikan tekanan darah serta membantu menurunkan berat badan.

Beras multigrain

Tak hanya jauh lebih sehat dari beras biasa, beras multigrain dengan tampilan warna-warni ini juga memberikan energi dan membantu menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

Kembang kol

Yang satu ini tengah menuai popularitas tinggi di kalangan kaum vegan dan vegetarian. Kembang kol diparut hingga menjadi halus dan tampilannya mirip seperti nasi. Tak hanya bernutrisi tinggi, nasi kembang kol juga sangat lezat dan dapat disantap dengan beragam menu pendamping.

Beras merah

Cita rasa beras merah memang sangat berbeda dengan beras putih. Namun, beras ini sangat menyehatkan dan mengandung jumlah kalori yang lebih rendah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya