Ini Hubungan Seks Paling Berisiko Terkena HIV

Sumber :
  • Ist/dailypics
VIVA.co.id
UNICEF: Satu Anak Terinfeksi HIV Setiap 2 Menit pada 2020
- Jelang peringatan Hari AIDS Sedunia yang akan diperingati setiap tanggal 1 Desember 2015, Kementerian Kesehatan RI menetapkan "Perilaku Sehat" sebagai tema peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2015.

Alasan Varian COVID Omicron Banyak Diidap Pasien HIV-AIDS
Tahun ini, Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian Perhubungan bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HIV.

3 Obat Penyakit Ganas Diklaim Sembuhkan Pasien Corona COVID-19
Sektor transportasi dipilih karena sebagai salah satu sektor yang rawan terpapar HIV. Bukan berarti seseorang bisa tertular dengan menaiki kendaraan umum, namun lebih menyangkut pada interaksi antarmanusia yang berasal dari satu tempat ke tempat lain.

"Mobilisasi memungkinkan penularan HIV melalui hubungan seks berisiko maupun Napza. Dalam dunia transportasi dikenal Man, Mobile with Money (3M)," kata Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Sigit Priohutomo di kantor Kementrian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, 30 November 2015.

Semua orang berisiko tertular HIV, terutama bagi mereka dengan perilaku seks menyimpang seperti waria, pria yang membeli seks komersial, wanita pekerja seks, pengguna Napza suntik bersama, dan bayi juga anak-anak yang lahir dari orangtua dengan HIV.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI tahun 2015, faktor risiko penularan HIV tertinggi adalah hubungan seks tidak aman pada heteroseksual 46,2 persen, penggunaan jarum suntik tidak steril sebanyak 3,4 persen dan LSL atau Lelaki seks Lelaki sebesar 24,4 persen.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya