ARV, Obat Harapan bagi Penderita HIV-AIDS

Peringatan Hari AIDS di Sejumlah Kota
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id
UNICEF: Satu Anak Terinfeksi HIV Setiap 2 Menit pada 2020
- Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak 2009, orang yang meninggal akibat AIDS menurun hingga 24 persen. Di Asia Tenggara, antara 2004-2014 infeksi baru menurun 32 persen, dan hampir 1,3 juta orang menjalani pengobatan antiretroviral.

Alasan Varian COVID Omicron Banyak Diidap Pasien HIV-AIDS

Antiretroviral atau ARV bertujuan mencegah morbiditas dan mortalitas, serta meningkatkan kualitas hidup dan mencegah penularan. Orang yang terdeteksi HIV sangat dianjurkan segera mengonsumsi obat ini.
3 Obat Penyakit Ganas Diklaim Sembuhkan Pasien Corona COVID-19


"Untuk pasangan yang takut tertular HIV dari suami atau istri, juga bisa menggunakan ARV untuk pencegahan," kata Pokdisus AIDS FKUI, Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD-KAI dalam acara Hari AIDS Sedunia, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin, 30 November 2015.


ARV sangat berperan dalam menekan jumlah penderita HIV-AIDS di dunia. Di Indonesia, karena obat ini tergolong baru, hasil yang diperlihatkan juga cukup baik. "Di RSCM, setelah enam bulan pemakaian, hampir 90 persen orang yang menggunakan ARV tidak ditemukan lagi adanya virus HIV," kata Samsuridjal.


Dengan penggunaan yang cukup singkat, ARV juga menimbulkan resisten. Menyadari hal ini, pemerintah telah menyiapkan tiga lini kegiatan untuk menanggulangi resistensi obat. Ia juga sangat bersahabat bagi ibu hamil. Bahkan ibu hamil yang mengidap HIV bisa tetap memberi ASI eksklusif bagi anak.


Saat sebelum melahirkan viral load-nya tidak terdeteksi, calon ibu bisa memilih proses melahirkan biasa dan pemberian ASI eksklusif. Namun, jika viral load-nya di atas 1.000, calon ibu dianjurkan melakukan tambahan tindakan.


Penderita HIV yang mengonsumsi obat ini secara rutin selama enam bulan, virus sudah tidak lagi ditemukan. Namun, jika tidak dilanjutkan, virus akan ditemukan bahkan hanya dalam dua bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya