Kampung Wae Rebo Manggarai, Masuk Nominasi ASEANTA Awards

Kampung Wae Rebo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Jo Mariono/ NTT

VIVA.co.id - Wonderful Indonesia siap memenangkan ajang ASEANTA (ASEAN Tourism Association) Awards for Excellence yang akan dipertandingkan di Manila 19 Januari 2016 mendatang.

Dalam ajang ASEANTA Awards For Excellence 2016, ada enam kategori yang dikompetisikan. Keenam kategori itu adalah: Best ASEANTA Tourism photo, Best ASEANTA Travel Article, Best ASEANTA Marketing & Promotional Campaign, Best ASEANTA New Tourism Attraction, Best ASEANTA Airline Program For ASEAN dan Best ASEANTA Cultural Preservation Efforts.

“ASEANTA Awards 2016 dengan tagline ‘Striving for Excellence’ dimaksudkan untuk mengapresiasi berbagai upaya terbaik dalam mendukung pariwisata di kawasan ASEAN. Kampung adat Wae Rebo di Desa Satar Lenda Satar Mese Barat Manggarai Nusa Tenggara Timur salah satunya,” ungkap I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasarana Mancanegara Kementerian Pariwisata, Senin malam (30/11) di Hall Room Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta.
 
“Kita sudah menerima 29 karya anak bangsa dari enam kategori yang akan diperlombakan. Karya-karya itu kita sudah kirim ke Sekretariat ASEANTA di Malaysia beberapa waktu lalu,” ungkap I Gde Pitana menambahkan.
 
Jelang ajang kompetisi ini di Manila, tim promosi pariwisata untuk Wae Rebo yakni Iwan Manasa, Kanisius T Deki, Aprila Moenaf, Iqbal dan Ridho diundang untuk menghadiri Malam Penganugerahan Branding Pariwisata di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata RI.

“Wae Rebo menjadi salah satu nominator dalam ajang ini di Manila untuk bidang Best ASEANTA Cultural Preservation Efforts. Malam hari ini kami berbangga hati menerima penghargaan Kemenpar. Ini menunjukkan Wae Rebo makin dicintai masyarakat Indonesia”, ujar Iwan Manasa usai menerima penghargaan.

Sementara alasan terpilihnya Wae Rebo sebagai Best ASEANTA Cultural Preservation Efforts karena merupakan salah satu destinasi wisata budaya warisan leluhur masyarakat Manggarai yang bertahan hingga 1084 tahun..

“Wae Rebo memiliki kekayaan alam luar biasa. Pesona keindahan alam sangat memikat. Selain itu, kekayaan warisan budayanya luar biasa. Jika datang ke sana, kita seolah-olah seperti anak yang pergi merantau dan pulang kembali ke rumah setelah bertahun-tahun. Ada suasana kekeluargaan yang hangat”, ujar Nick Deki, sebagai anggota tim promosi Wae Rebo.

Rufinus Lahur, seorang tokoh Manggarai di Jakarta mengomentari peristiwa keterpilihan Wae Rebo sebagai sesuatu yang seharusnya.

“Wae Rebo memiliki daya pikat yang diekpresikan leluhur orang Manggarai dalam rupa bangunan, struktur kampung dan pola hidup. Saatnya kita meneruskan dan menghayati nilai-nilai spiritual ini untuk menjadi kekuatan dalam membangun kehidupan”, ujarnya bangga.

Bagi tim promosi tempat wisata yang lolos dalam kompetisi di Manila 19 Januari 2016 akan diundang menghadiri Malam Penganugerahan ASEANTA di ibu kota Negara Filipina.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Laporan: Laporan Jo Mariono /Manggarai-NTT

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016