Dokter, Kenapa Saya Mudah Sekali Capek?

Pria migrain.
Sumber :
  • pixabay

VIVA.co.id - Ada orang yang dalam keseharian mudah sekali merasa cepat lelah. Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan, rasa lelah bukan sekadar alarm bagi tubuh untuk berhenti beraktivitas, namun pertanda adanya kelelahan atau chronic fatigue syndrome atau CFS.

“Biasanya, orang yang mengalami kelelahan cenderung memiliki gejala yang berbeda satu dengan yang lain. Gejala kondisi kelelahan secara umum memiliki periode baik dan periode buruk,” ujar Deffy.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Saat periode baik terjadi, gejala rasa lelah yang dialami akan membaik dan orang yang mengalaminya, akan mampu beraktivitas normal. Namun, pada saat periode buruk berlangsung, aktivitas sehari-hari menjadi sulit untuk dilakukan.

Rasa lelah yang dialami penderita CSF meliputi rasa lelah secara fisik yang terus-menerus terjadi, dan kelelahan mental. Kelelahan ini tidak dapat langsung hilang dengan tidur atau istirahat, sehingga aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu.

“Kelelahan yang dirasakan cenderung membuat kewalahan dibandingkan rasa capek biasanya. Gejala lain dari penderita CSF adalah adanya ketidakmampuan melakukan aktivitas normal dan sederhana,” ujarnya menambahkan.

Aktivitas yang dapat dilakukan benar-benar hanya berupa aktivitas kecil seperti menyikat gigi. Penderita CFS juga cenderung hanya mampu berbaring di atas tempat tidur, dan seringkali tidak mampu meninggalkan rumah. Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kondisi kelelahan kronis, meliputi:

1. Adanya masalah pada sistem imun yang tidak berjalan secara normal.

2. Adanya ketidakseimbangan hormon yang terjadi, ditandai dengan abnormalnya jumlah darah pada hormon yang diproduksi di hipotalamus, kelenjar pituitary atau kelenjar adrenal.

Untuk mengobati CFS, obat-obatan yang dapat diminum meliputi obat antidepresi yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan memperbaiki kualitas tidur.

Untuk terapi, penderita kelelahan kronis dapat menjalani perawatan efektif dalam bentuk konseling dengan terapis serta terapi fisik untuk membantu menghilangkan rasa lelah dan melatih ketahanan tubuh menggunakan aktivitas fisik.

Hilangkan Depresi dengan Lari

Usahakan menghindari stres dalam kehidupan sehari-hari, baik secara fisik maupun emosional. Pastikan Anda memiliki waktu untuk rileks dan beristirahat. Hindari kebiasaan tidur siang, mengonsumsi kafein, alkohol, maupun nikotin, dan jaga keseimbangan aktivitas. 

(mus)

Deodorant Picu Kanker Payudara?
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016