Studi: Aktivitas Fisik Pertajam Memori Otak

Ilustrasi olahraga bersama pasangan.
Sumber :
  • VIVAlife
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Dibandingkan dengan orang yang jarang melakukan aktivitas fisik, orang dewasa yang aktif berolahraga dengan melakukan jalan cepat, atau
jogging
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
memiliki memori otak yang lebih tajam. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Studi yang dipublikasikan di Journal of the International Neuropsychological Society tersebut, menunjukkan detail komperehensif dan informasi mengenai cara melawan menurunnya ketajaman memori otak akibat penuaan dan demensia neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer's.

Dilansir dari Food World News, studi yang dipimpin oleh Scott Hayes, S3 dari Boston University School of Medicine, MA dan direktur asosiasi Neuroimaging Research for Veteran Center itu meneliti orang dewasa berusia 18 hingga 31 tahun dan 31 orang dewasa yang lebih tua berusia 55 hingga 82 tahun. Seluruhnya, dilengkapi dengan ActoGraph yang berfungsi seperti pedometer.

Peserta studi juga diharuskan melakukan serangkaian tes ingatan dengan ditunjukkan sejumlah foto-foto yang harus mereka ingat.

Hasil menunjukkan bahwa kekurangan aktivitas fisik secara negatif berdampak pada kemampuan memori seseorang.

Orang dewasa yang lebih tua, lebih banyak berjalan sehari-hari juga menunjukkan performa memori yang lebih baik dalam tes tersebut, dibandingkan dengan orang dewasa lain yang memiliki gaya hidup kurang aktifitas fisik.

Meski begitu, Hayes dan para koleganya mengungkapkan dibutuhkan studi yang jauh lebih mendalam untuk mengetahui fakta yang lebih jelas mengenai temuan ini. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya