VIVALIFE

Mengolah Jamur Jadi Masakan Lezat

Jenis jamur apa yang bisa diolah untuk masakan?
Senin, 29 Juni 2009
Oleh : Petti Lubis

Tanya:
Saya sangat senang mengonsumsi masakan berbahan jamur. Sayangnya, saya belum pernah mengolah jamur untuk masakan di rumah. Yang ingin saya ketahui, jenis jamur apa yang bisa diolah untuk masakan? Apakah ada cara khusus untuk membersihkan dan mengolah jamur?

Gina – Jakarta

Jawab:
Ada beberapa jenis jamur yang beredar di pasaran. Kabar yang menggembirakan tentang jamur adalah selain sarat nutrisi, rendah lemak, rasanya enak, dan semua jamur ini cocok diolah kedalam berbagai masakan.

Jamur kancing/champignon/button mushroom/jamur kompos

Bentuknya bulat, berwarna putih sedikit krem atau cenderung cokelat muda. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Dijual dalam kemasan kaleng atau segar. Cocok di buat aneka masakan Itali, seperti pizza, gratin, serta omelet.

Jamur tiram
Jamur bertudung/paying yang warnanya putih. Jamur ini mudah busuk karena banyak mengandung air. Jamur ini cocok di tumis (yang segar) dan dicampur ke dalam saus steak (yang dikemas dalam kaleng).

Jamur merang

Bentuknya bulat telur dan warnanya cokelat muda keabuan. Rasanya lebih enak bila di masak sebelum selubungnya mekar. Cocok dipakai untuk campuran mi ayam, sup, cap cay, pepes, dan tumis.

Jamur shitake/hioko/jamur payung
Bentuknya seperti payung dengan tangkai pendek. Bila disantap segar, jamur ini kenyal. Namun bila kering (sebelum diolah harus direndam air panas dulu), jamur ini liat.  Dibanding jamur yang lain, harga jamur ini lebih mahal. Sering diolah ked lam sup miso, cha-wanmushi, mi udon, atau digoreng dengan tepung sebagai tempura.

Jamur Enokitake/jamur taoge

Bentuk dan warnanya mirip taoge besar. Aromanya segar dan rasanya garing. Sebelum dimasak, akarnya dibuang terlebih dahulu. Jamur ini cocok diolah untuk sup atau tumisan dalam masakan Korea dan Jepang.

Jamur Kuping

Bentuknya mirip daun telinga manusia. Yang segar, warnanya cokelat muda dan yang kering warnnya kehitaman. Sebelum digunakan, yang kering harus direndam air panas terlebih dahulu. Cocok di tumis, atau dicampur ke dalam sup kimlo.

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia kuliner dan masak memasak, silakan mengirimkan pertanyaan ke email redaksi VIVAnews ke "konsultasi.fiesta et vivanews dot com". Pihak VIVAnews akan memilih satu pertanyaan terbaik setiap minggu. Bagi pengirim pertanyaan terbaik akan mendapatkan bingkisan menarik dari Demedia dan VIVAnews.

SELAMAT! Pemenang minggu ini: Gina Sulastro (pemenang akan dihubungi pihak VIVAnews lewat email atau telepon untuk pengiriman hadiah)

logo Demedia

TERKAIT
TERPOPULER