Nikmatnya Icip-icip Kuliner Vietnam di Jakarta

makanan vietnam
Sumber :
  • VIVA / Riska

VIVA.co.id - Vietnam adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki empat musim. Tak hanya itu, negara beribu kota Hanoi ini juga menyimpan beragam kekayaan kuliner yang tidak kalah dengan negara ASEAN lainnya.

Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef

Salah satu restoran yang bisa memanjakan lidah dengan kudapan Vietnam adalah Do An. Arti dari nama resto ini sesuai dengan bahasa setempat yang berarti "makanan".

Saat mulai memasuki restoran di kawasan Pantai Indah Kapuk ini, Anda akan melihat desain interior yang dominasi warna merah dan hitam. Ditambah dengan dekorasi yang banyak menggunakan aksen kayu, membuat suasana sangat kental dengan negara yang berbatasan langsung dengan Kamboja dan Laos tersebut.

Resto yang pertama kali didirikan Oktober 2004 ini dibuat karena kerinduan Lea Joan, pemiliknya, bersama empat temannya terhadap kuliner Vietnam.

"Ide awalnya, waktu baru lulus dan kepikiran, di sini ada makanan Vietnam yang biasa kami jajan. Kebetulan saya dan teman lain sekolah di luar dan pilihan makanannya cuma Chinese sama Vietnam," kata Lea, ditemui di Resto Do An, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin, 14 Desember 2015.

Proses untuk mendapatkan koki yang mengenal cita rasa Vietnam pun cukup lama. Namun, akhirnya Lea bersama timnya bertemu koki orang Vietnam asli dan sudah menjadi Warga Negara Indonesia di Kedutaan Besar Vietnam.

Meski belum populer, makanan Vietnam tidak kalah menggoda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Anda bisa mencicip lima masakan, di antaranya Goi Cuon, Bo Luc Lac, Pho Bo, Banh Mi Ga Xao Hanh Tay, dan ChaGio Ga.

Goi Cuon adalah spring roll yang kulitnya dari tepung beras. Berisi irisan ayam, wortel, daun ketumbar, nasi, dan udang. Hidangan ini biasa digunakan untuk menu diet bagi yang ingin menguruskan badan. Bo Luc Lac adalah sejenis nasi goreng tomat yang disajikan dengan potongan daging sapi, telur mata sapi dan irisan wortel, daun bawang dan bawang Bombay.

Sementara itu, Pho Bo adalah sup yang berisi mi dari nasi, potongan daging sapi, dan bakso. Sangat cocok bila ditambahkan potongan daun bawang, cabai rawit, dan sayuran. Banh Mi Ga Xao Hanh Tay adalah sandwich dari Vietnam yang berisi potongan daging ayam, bawang Bombay khas vietnam.

Soal minuman, jagoan di sini adalah kopi Ca Phe Sua Da khas Vietnam. Rasa kopi yang cukup kuat, membuat siapa pun yang mencobanya akan teringat dan ingin lagi menyeruput. Ingin merasakan cita rasa Vietnam? Anda cukup merogoh kocek Rp30-70 ribu untuk makanan dan Rp22-31 ribu untuk minuman. Cukup terjangkau kan?

Surf n'Turf

Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli

Ia adalah chef kelas dunia.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016