Menguak Kecantikan dan Keganasan Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo
Sumber :
  • Disporbudpar.blitarkab.go.id
VIVA.co.id
Balongan, Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Indramayu
- Jelang Natal dan Tahun Baru banyak orang mulai merencanakan liburan panjang bersama keluarga. Tempat liburan seperti pantai, sering menjadi tujuan.

Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama

Jika Anda tengah berada di Jawa Timur, mungkin Pantai Tambakrejo yang terletak di Blitar bisa dikunjungi.
Piknik Asyik di Pantai Mangsit, Lombok


Pantai ini memang menjadi tempat wisata favorit warga sekitar. Pemandangan sangat indah, pantai cukup bersih, air lautnya memancarkan kemilau warna biru dan pasir putihnya terbentang menjadi sebuah teluk dengan panjang sekitar 10 kilometer.


Berada di sebelah selatan Jawa membuat Pantai ini dianugerahi ombak yang cukup besar. Tak sedikit komunitas fotografer yang menjadikan pantai ini sebagai obyek foto favorit.


Tapi, saat datang ke sini, pengunjung harus berhati-hati jika bermain di laut dan pantai, karena pantai ini memiliki karakter ombak yang tergolong besar sehingga sering kali didapati ada korban yang terserat arus.


Ada baiknya, Anda tidak bermain air ke tengah laut atau bermain saat ombak sedang ganas. Ombak pantai ini kerap datang tiba-tiba. "Di pantai ini sering muncul pusaran air," ujar Sutarto, warga sekitar.


Jika khawatir bermain di pantai, ada juga hiburan lainnya yang menarik. Di pintu masuk pantai ke arah timur terdapat kampung nelayan dengan perahu-perahu nelayan yang ditambatkan disampingnya dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk hasil nelayan yang baru melaut. Bila datang di pagi hari maka pengunjung akan menjumpai ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan.


Setiap tahun di bulan Oktober, pantai ini lebih ramai dari biasanya karena selalu diadakan ritual Larung Sesaji. Para wisatawan lokal maupun internasional akan berdatangan untuk menyaksikan ritual tradisional ini.


Untuk menuju ke tempat wisata ini, dari kota Blitar bisa berkendara dengan melewati perbukitan dan jalan yang berkelok-kelok, tingkungan tajam, tanjakan serta turunan curam ke arah Pantai Tambakrejo, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto .


Untuk menikmati indahnya pantai ini, sebaiknya pengunjung membawa kendaraan pribadi. Karena akses menuju pantai ini jarang sekali ada angkutan umum. Jalan menuju pantai ini terkesan sempit untuk kendaraan berukuran besar.


Masuk ke pantai ini, pengunjung hanya dikenakan retribusi sebesar Rp6.000. Sebesar Rp2.000 untuk parkir mobil dan Rp1.000 untuk parkir motor. Dengan tiket masuk yang  murah, pengunjung akan terpuaskan dengan pesona keindahan pantai ini.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya