Lima Cara Alami Redakan Batuk Kering

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Batuk kering, atau batuk tanpa dahak memang sangat mengganggu. Jika dibiarkan, batuk kering bahkan dapat memburuk, bahkan bisa melukai tenggorokan Anda.

Lima Obat Alami yang Ampuh Atasi Batuk Kering

Selain obat-obatan yang ada di apotek, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan batuk kering secara alami. 

Berikut ini adalah di antaranya, seperti dilansir dari Times of India:

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

1. Kumur-kumur dengan air garam

Panaskan satu cangkir air dan tambahkan sejumput garam. Kumur-kumur dengan air garam hangat akan membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab batuk.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

2. Madu

Mengonsumsi satu sendok makan madu akan melegakan batuk kering yang mengganggu. Madu dipercaya dapat melembabkan tenggorokan dan mengurangi batuk.

3. Teh jahe

Menyesap teh jahe hangat sebelum tidur akan membantu mengurangi frekuensi batuk di malam hari. Teh hijau hangat juga dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

4. Angkat kepala

Angkat kepala saat beristirahat. Perhatikan, agar tidak berbaring di tempat yang datar saat Anda batuk. Sangga kepala dengan bantal tambahan dan posisikan kepala sedikit terangkat agar batuk mereda.

5. Balsam

Mengoleskan sedikit balsam pada hidung Anda akan melegakan saluran nasal, dan akan mengurangi frekuensi batuk sementara. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya